Peluang Usaha Budidaya Apel Merah dan Analisa Usahanya

0 49

Detail Produk Peluang Usaha Budidaya Apel Merah Dan Analisa Usahanya

Peluang Usaha Budidaya Apel Merah- Buah apel merupakan salah satu buah yang banyak difaoritkan oleh masyarakat mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa. Banyak jenis buah apel yang bisa kita temui seperti buah apel hijau dan buah apel merah. Salah satu jenis buah apel yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat adalah apel merah. Apel merah memiliki rasa yang manis dan juga memiliki kandungan air yang cukup banyak jumlahnya. Mengkonsumsi buah apel memang sangat menyegarkan. Banyak masyarakat yang menanam buah apel ini. Buah apel ini dapat tumbuh dengan baik pada kawasan dengan iklim yang dingin, selain itu buah ini dapat tumbuh subur pada kawasan tropis. Di balik warnanya yang cantik dan juga rasanya yang manis buah apel ini menyimpan banyak kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan pada tubuh kita. Kandungan yang terdapat pada buah ini adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, mineral, fitonutrein, serat dan lain sebagainya. Jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat dan juga segar maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah apel merah ini secara rutin. Salah satu manfaat dari buah apel merah ini adalah dapat melancarkan system pencernaan dimana dengan mengkonsumsi buah apel secara rutin dapat menghindari resiko sembelit. Bagi Anda yang memiliki permasalahan dalam saluran pencernaan seperti susah untuk buang air besar. Selain itu dengan mengkonsumsi buah apel ini dapat mencegah dehidrasi. Buah apel merah dipercaya memiliki kadar mineral yang cukup tinggi sebanyak 85 persen. Buah apel memang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dan juga harga jual dari buah apel sendiri juga sangat mahal. Hal ini bisa dijadikan peluang bisnis budidaya apel merah yang bisa Anda kerjakan. Negara Indonesia merupakan Negara pertanian yang sangat cocok untuk dijadikan lahan berkebun dan tinami segala macam tumbuhan seperti buah apel ini. untuk menanam buah apel ini ada beberapa tahap yang harus dilalui, pada umumnya untuk menanam apel buah ini adalah dengan menggunakan biji apel. Melakukan kegiatan menanam buah apel merah selain menggunakan biji juga bisa dengan system steak atau cangkok. Bagi Anda yang ingin menanam buah apel namun Anda masih belum memahami bagaimana cara untuk menanam buah apel Anda tidak perlu merasa kuatir, sebab di bawah ini akan kami berikan informasi yang berkaitan dengan cara untuk menanam buah apel merah dengan menggunakan biji. Adapun cara untuk menanam buah apel merah dengan menggunakan biji adalah sebagai berikut.

Cara menanam buah apel merah

  • Mengatur suhu dingin

Hal yang pertama harus Anda lakukan ketika akan menanam buah apel merah ini adalah memilih biji yang berkualitas. Ketika Anda sudah memilih biji buah apel yang akan Anda gunakan maka langkah berikutnya adalah dengan melakukan penyemaian biji buah apel. Proses penyemaian biji buah apel ini bertujuan untuk mendapatkan tunas. Untuk melakukan proses penyemaian biji buah apel ini membutuhkan media. Media yang bisa digunakan untuk menyemaikan biji buah apel adalah dengan memanfaatkan semai dan anda juga harus mengatur kelembapan suhunya. Buah apel dapat tumbuh pada deerah yang memiliki suhu dingin seperti di daerah Batu dan Malang. Gunakan tisu basah untuk membungkus biji buah apel. Setelah biji buah apel selesai dibungkus Anda bisa meletakkannya di dalam lemari es dan atur suhunya sekitar 4,4 hingga 10 derajad Celsius. Kurang lebih membutuhkan waktu selama 8 minggu untuk bisa menghasilkan tunas. Jika biji buah apel sudah mengelurkan tunasnya Anda bisa mengeluarkannya dari lemari es.

  • Memindahkan tunas buah apel ke pot

Langkah berikutnya adalah memindahkan tunas apel ke pot. Pot yang akan digunakan sebagai media tanam harus diisi tanah terlebih dahulu. Tanahh yang baik untuk dimasukkan ke dalam pot adalah tanah yang gambut dan memiliki Ph netral. Jangan lupa untuk menambhkan pupuk dan gunakan perbandingan 2:1. Setelah Anda sudah selesai mengisi tanah pada pot langkah berikutnya adalah dengan membuat lubang pada tanah cukup dengan menggunakan jari Anda. Pada saat Anda melakukan proses pemindahan tunas ke dalam pot Anda perlu berhati-hati agar tunas tidak rusak. Setelah itu tutup dengan menggunakan tanah. Untuk menjaga kelembapan pada tanah maka harus dilakukan penyiraman secara rutin.

  • Memindahkan ke lahan tanah

Untuk memindahkan tunas buah apel yang mulai tumbuh pada pot ke lahan tanah ada beverapa hal yang harus Anda perhatikan. Jika tunas sudah mulai tumbuh sebaiknya Anda jangan langsung meindahkannya ke tanah karena batang, akar dan daunnya rentan mati. Untuk bisa dilakukan proses pemindahan harus menunggu hingga tanaman memiliki tinggi 25 cm. setelah tanaman apel ini sudah bisa untuk dipindakan masih ada beberapa tahapamn yang harus Anda kerjakan. Agar dapat tumbuh dengan baik Anda bisa menanamnya di lahan yang memiliki Ph netral. Usahakan pada saat Anda melakukan proses penanaman arahkan ke timur ajar dapat mendapatkan cahaya sinar matahari yang cukup. Pada saat Anda melakukan Anda juga harus memperhatikan antara jarak tanaman satu dengan tanaman berikutnya. Jarak antara tamaman satu dengan tanaman sebelanya kurang lebih sekitar 4,5 m hingga 5 meter. Agar tanaman dapat tumbuh dengan sehat maka Anda perlu melakukan penyiraman. Anda bisa melakukan penyiraman sebanyak 10 kali hingga 12 kali pada saat tanaman masih berukuran kecil. Namun jika tanaman apel ini ukurannya sudah mulai besar Anda bisa mengurangi volume penyiramannya. Selain melakukan penyiraman Anda juga bisa melakukan pemupukan. Pupuk yag bisa Anda gunakan untuk memberikan nutrisi pada tanaman ini adalah dengan menggunakan pupuk NPK. Agar terhindar dari hama Anda bisa melakukan penyemprotan.

  • Masa panen

Masa penen merupakan waktu yang sangat ditunggu oleh semua petani apel. Buah apel yang bisa dipanen pada umumnya memiliki usia 4 bulan hingga 5 bulan. Pemanenan paling baik dilakukan pada saat tanaman mencapai tingkat masak fisiologis. Pemetikan apel dilakukan dgn cara memetik buah dgn tangan secara serempak utk setiap kebun.

Hand Sprayer (Penyemprot) Multiguna Agrowindo 1 agrowindo

Nah, itu tadi informasi cara untuk melakukan budidaya buah apel merah, bagaimana menurut pendapat Anda setelah mengetahui informasi yang ada di atas, apakah Anda merasa tertarik untuk melakukan kegiatan budidaya buah apel merah ini? untuk bisa melakukan kegiatan budidaya buah apel merah ini maka Anda harus mempersiapkan segala peralatan yang akan digunakan untuk membantu proses penanaman. Salah satu peralatan pertanian yang bisa Anda gunakan untuk membantu Anda dalam melakukan kegiatan budidaya apel merah adalah dengan menggunakan alat penyemprot. Sesuai dengan namanya kegunaan dari alat penyemprot ini adalah untuk membantu Anda dalam melakukan proses penyiraman tanaman. Alat penyemprot ini bisa Anda dapatkan hanya di Toko Mesin Maksindo.

Demikianlah informasi seputar peluang usaha budidaya buah apel merah dan analisa usahanya. Semoga dengan informasi yang telah kami bagikan ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca.

Sumber : http://www.agrowindo.com/peluang-usaha-budidaya-apel-merah-dan-analisa-usahanya.htm

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.