Khasiat Daun Bidara Serta Manfaat Pohon Bidara Dan Buah Bidara

0 36

Pohon bidara disebut juga dengan widara. Nama ilmiahnya adalah Zizipus mauritiana. Banyak masyarakat mulai mengenal khasiat daun bidara. Secara umum, tanaman ini mudah tumbuh dengan baik di kawasan dengan lingkungan yang cenderung kering. Meskipun demikian, di Indonesia juga mudah ditemukan dan ditanami pohon ini.

Pohon Bidara adalah tanaman keras. Pohon yang tertulis dalam Al-Qur’an ini dapat hidup di lingkungan dengan suhu hangat dan kering. Pohon ini asli dari Timur Tengah yang memiliki iklim hangat, namun tetap bisa dibudidayakan di Indonesia.

Pohon Bidara sudah banyak ditanam di Indonesia karena masyarakat telah sadar akan khasiat daun bidara dan buahnya yang beragam.  Selain alasan kesehatan, masyarakat juga sudah mulai banyak membaca dan belajar sehingga memahami Sunnah dan merasakan langsung khasiat daun Bidara.

Karakteristik Tanaman Pohon Bidara

daun bidara

Daun dan bentuk batang pohon bidara sangat unik. Ukuran pohon tergolong kecil dan termasuk tanaman perdu. Ranting-ranting pohonnya cenderung pendek dengan warna daun yang hijau. Dengan lingkungan dan kondisi tumbuh yang baik, tanaman ini bisa mencapai tinggi hingga 15 meter.

  • Perbungaan tumbuh di ketiak daun dengan panjang 1-2 cm. Untuk ukuran bunganya kecil, dengan warna kekuningan dan sedikit harum. Ada 5 kelopak bunga dengan bentuk cekung.
  • Buah dari tanaman ini berbentuk bulat dan cenderung oval. Pohon bidara yang dibudidayakan di perkebunan pada umumnya memiliki ukuran buah 6 cm x 4 cm. Meskipun ada pula buah bidara yang berukuran kecil.
  • Ciri pohon bidara ini adalah halus, mengkilap, dengan kulit tipis. Warna buah bidara ini adalah kekuningan hinga  kemerahan. Ada pula yang berwarna lebih gelap terutama saat buah mencapai kematangan yang sempurna.
  • Daging buahnya berwarna putih dan banyak yang menjadikannya sebagai makanan dan minuman. Buah dapat dipakai sebagai jus dengan rasa yang cukup asam. Meskipun demikian ada pula sensasi rasa manis dari buah ini pada saat buah pohon bidara sudah matang.

Nilai Gizi Buah Bidara

Buah bidara yang matang memiliki rasa asam namun cenderung manis. Karenanya buah ini cocok dipakai sebagai bahan minuman dari buah segar. Selain rasanya, pohon bidara banyak dibudidayakan karena nilai gizinya yang tinggi. Nilai gizi dalam buah ini (per 100 g) adalah sebagai berikut :

  • Energi 24,76 kJ (5,92 kkal)
  • Karbohidrat 17 g
  • Gula 5.4-10.5 g
  • Serat makanan 0,60 g
  • Lemak 0,07 g
  • Protein 0,8 g
  • Air 81.6-83.0 g
  • Tiamin (Vit B1) 0,02-0,024 mg
  • Riboflavin (Vit B2) 0,02-0,038 mg
  • Niasin (Vit B3) 0,7-0,873 mg
  • Kalsium 25,6 mg
  • Zat Besi 0,76-1,8 mg
  • Fosfor 26,8 mg

Kultivar buah bidara paling banyak berasal dari hasil budidaya perkebunan. Pada beberapa daerah supaya nilai jual buah bidara menjadi lebih tinggi, buah-buahan ini ada yang diolah dengan cara dikeringkan, diawetkan, atau dikemas dalam packing khusus.

Selain buahnya, pohon bidara juga memberikan manfaat lebih banyak. Salah satunya ialah dari daun bidara yang masih muda. Daun ini menjadi sayuran dengan banyak manfaat untuk kesehatan.

Selain itu, daun bidara juga memiliki fungsi sebagai penurun demam. Caranya adalah dengan memerasnya dan diaplikasikan saat mandi seperti halnya sabun.

Sifat Dan Cara Perbanyakan Pohon Bidara

Penyerbukan silang pada tanaman ini dibantu oleh serangga yang tertarik oleh aroma nektar. Serangga yang berperan dalam hal ini adalah lebah madu. Selain itu, bunga-bunga juga bisa dibantu penyerbukannya oleh semut dan serangga lain.

Selanjutnya, akan dihasilkan buah yang memiliki biji. Inilah bagian dari pohon bidara yang akan beperan dalam perbanyakan tanaman nantinya. Dari bijilah nantinya akan didapatkan bibit bidara yang bisa menjadi tanaman baru untuk budidaya.

Cara perbanyakan dari biji menjadi alternatif perbanyakan bibit unggul bidara untuk ditanam di lahan atau dalam pot. Sedangkan di alam liar, biji ini akan disebarkan oleh burung ataupun binatang ternak yang memakan buah bidara matang. Kelemahan dari cara perbanyakan ini adalah kualitas dari tanaman yang dihasilkan tidak bisa selalu unggul.

Sebagai solusinya untuk tujuan perkebunan, maka dilakukan perbanyakan vegetatif. Hal inilah yang membantu para pembudidaya untuk mendapatkan hasil buah dan tanaman yang berkualitas dan juga unggul.

Hasil pembibitan dapat diprediksi karena akan sama persis dengan indukan yang dipakai untuk cangkok. Baik ukuran hingga rasa buah akan bisa disesuaikan dengan pohon tersebut. Maka penting sekali dalam memilih indukan pohon yang berkualitas untuk selanjutnya akan menghasilkan tanaman baru untuk budidaya.

Dengan cara di ataslah, maka tanaman bidara berhasil menjadi tanaman budidaya yang bisa ditanam di Indonesia. Cara budidaya yang dilakukan bisa dengan menanam di dalam pot maupun perkebunan di lahan terbuka.

Jenis-Jenis Pohon Bidara

bidara

Bidara memiliki beberapa jenis atau spesies. Semuanya bisa ditanam di Indonesia asalkan memiliki lingkungan yang tepat. Beberapa jenis tanaman tersebut adalah bidara sidr, putsa, upas, cina, dan laut. Masing-maisng memiliki kekhasan dari buah bidara, daun bidara, hingga lingkungan hidup pohon bidara.

1. Bidara Sidr Dari Negara Arab

Pohon bidara memang bukan tumbuhan asli Indonesia. Salah satu negara asal tanaman ini adalah dari dataran Arab. Nama dan jenis yang paling terkenal adalah bidara sidr disebut juga bidara arab.

Pohon bidara ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah daun bidara yang dapat dijadikan bahan untuk pembuatan sabun. Hal ini tak lain karena manfaatnya yang bisa menghaluskan kulit.

Sedangkan dari buahnya, bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan minuman. Bukan hanya rasanya saja yang segar, namun ada juga nilai gizi yang dimanfaatkan.

2. Bidara Upas

Pohon bidara upas adalah jenis pohon yang tidak berduri, tidak seperti bidara lain yang memiliki duri pada batang pohon. Asal tanaman ini dipercaya berasal dari Filipina.

Pohon bidara ini menyimpan banyak keistimewaan. Salah satunya adalah dari bunganya. Warna bunga bidara ini adalah putih. Sedangkan ketinggian tanaman ini bisa mencapai 5 meter dengan batang kecil.

Daun bidara ini menyimpan manfaat khusus. Salah satunya adalah sebagai bahan untuk pengobatan diabetes, pengobatan kencing batu, pengobatan sifilis dan lainnya.

3. Bidara Cina

Bidara Cina atau biasa disebut Ziziphus jujuba adalah jenis pohon bidara yang buahnya mirip apel. Pohon bidara ini dapat mencapai ketinggian antara 5 dan 10 meter dengan cabang kayu berduri.

Tanaman ini saat mekar memiliki 5 kelopak warna hijau kekuningan. Sedangkan warna buah bidara Cina adalah hijau, berbentuk oval dan dapat dimakan.

Saat buahnya matang, warnanya akan menjadi kecoklatan dan sedikit kusut. Secara visual hampir mirip dengan kurma karena karakteristiknya tersebut.

4. Bidara Laut

Tempat budidaya pohon bidara laut yang terbaik adalah hutan di dekat pantai. Ciri khasnya adalah memiliki batang pohon kecil dan struktur kayu yang keras. Pohon-pohon bidara laut biasanya bengkok, dengan cabang-cabang yang memanjang. Tanaman semak ini memiliki bunga yang muncul dari ketiak daun.

Sementara buah bidara jenis ini memiliki bentuk bulat dengan diameter lebih dari 4 cm. Warnanya agak kuning kemerahan. Namun warna buah ini akan menjadi kehitaman ketika matang.

Secara umum, daun bidara bisa diolah dengan cara tertentu. Ada yang merebusnya lalu digunakan sebagai pengobatan penyakit rematik, sariawan, penyakit kulit, demam, dan malaria.

Khasiat Daun Bidara Bagi Manusia

khasiat daun bidara

Sebagai tanaman yang bisa dibudidayakan, maka tanaman ini menyimpan banyak manfaat, terutama khasiat daun bidara yang sudah banyak diketahui. Berikut ini adalah beberapa contoh manfaat pohon bidara :

1. Daun Bidara Sebagai Obat Flu

Kandungan antibakteri dalam daun bidara mampu secara efektif mencegah pertumbuhan bakteri dan virus. Influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus, sehingga daun bidara dapat digunakan sebagai obat flu, seperti pilek dan batuk. Selain flu biasa, sebagai efek antibakteri dari daun bidara juga dapat menyembuhkan flu burung dan flu babi yang disebabkan oleh virus.

2. Khasiat Daun Bidara Obati Diabetes Mellitus

Daun bidara mengandung indeks glikemik yang sangat rendah. Glikemik adalah kadar gula dalam suatu jenis makanan atau tanaman. Konten ini mampu menghambat peningkatan kadar gula darah. Itulah yang membuat bidara efektif dalam menyembuhkan diabetes mellitus tipe 1, tipe 2 dan diabetes gestasional.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi

Khasiat daun bidara yang cukup terkenal adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Unsur penyusun tulang dan gigi adalah mineral kalsium. Daun bidara dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi agar tidak mudah rapuh.

4. Mengatasi Masalah Kewanitaan

Masalah kewanitaan menjadi dilema tersendiri karena bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman. Kandungan antiseptik pada daun bidara muda dan segar dapat mengatasi masalah keputihan dan menstruasi. Cara kerjanya dengan menstabilkan hormon sehingga menstruasi kembali normal dan menekan bakteri yang menyebabkan keputihan.

5. Mengandung Folat Yang Bermanfaat

Folat yang terkandung dalam daun bidara sangat bagus untuk wanita hamil. Manfaatnya adalah memperkuat kandungan dan kesehatan janin. Selain itu, dapat pula membantu perkembangan dan pembentukan jaringan janin.

6. Membantu Penyembuhan Luka Dengan Cepat

Kulit yang terluka sebab terbakar bisa dibantu pengobatannya dengan daun bidara.  Daun ini bisa menghilangkan rasa sakit, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan dengan cepat. Alasannya, di dalam daunnya mengandung zat antiinflamasi.

Zat antiinflamasi adalah senyawa yang dapat menyembuhkan radang akibat goresan benda tertentu. Dengan menggunakan zat-zat ini, maka secara efektif bisa mengurangi gejala kemerahan dan bengkak.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daun bidara dapat dikonsumsi dengan dibuat jus atau diminum sarinya. Jika kebiasaan ini dilakukan secara rutin, maka dapat meningkatkan sistem kekebalan terhadap serangan bakteri berbahaya. Di dalam daun mengandung zat antioksidan aktif.

Senyawa ini mampu menghilangkan radikal bebas dan kontaminasi bakteri eksternal. Selain itu, dapat mengurangi degradasi oksidatif. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.

8. Sebagai Obat Anti Jerawat

Tumbuhan ini mengandung zat antibakteri yang bisa menyembuhkan jerawat. Cara menggunakannya ialah dipakai sebagai masker wajah. Ambil beberapa daun daun bidara Arab (sidr). Kemudian, hancurkan daun sampai lunak. Setelah itu, tuangkan airnya hingga terlihat berlendir. Lalu, oleskan di wajah secara merata. Biarkan masker selama 20-30 menit. Untuk membersihkannya, bisa menggunakan air atau sabun.

9. Mengatasi Masalah Kulit Kering

Daun bidara tidak hanya menyembuhkan jerawat, tetapi juga mengatasi kulit kering. Tanaman ini mampu mengisi sel dengan cepat. Dengan demikian, kulit terlindungi dari keriput, kusam dan kering.

Cara menggunakannya, tumbuk daun sampai lunak. Lalu, oleskan ke seluruh wajah secara merata. Kemudian biarkan sekitar 15-30 menit.

10. Mengobati Keputihan

Khasiat daun bidara selanjutnya adalah mengatasi keputihan. Masalah ini memang wajar terjadi pada wanita usia produktif. Akan tetapi jika dibiarkan akan menimbulkan masalah lain, seperti bau tak sedap.

Cara mendapatkan khasiat daun bidara ini adalah dengan menggunakannya untuk mandi. Ulangi cara perawatan ini dua kali sehari sampai sembuh.

Khasiat Pohon Bidara Dan Manfaat Buah Bidara

buah bidara

Selain daun bidara yang sangat berkhasiat, buahnya juga kaya akan manfaat. Maka tak heran jika banyak yang membudidayakan tanaman ini untuk diambil buahnya. Baik untuk di minum maupun di makan langsung, daging buahnya yang kaya akan nutrisi menyumbangkan kebaikan bagi kesehatan. Beberapa manfaat buah bidara adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Proses Pencernaan

Buah bidara sangat baik untuk membantu memperlancar pencernaan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung sejumlah besar serat yang bisa dilepaskan oleh sistem pencernaan.

Selain itu, serat buah bidara juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga tubuh terasa sehat saat mengkonsumsi buah ini. Cara konsumsi buah bidara ini bisa dengan dimakan langsung dari buah yang sudah matang atau diolah menjadi manisan dan jenis makanan lain.

2. Membantu Memperkuat Gigi Dan Tulang

Seperti khasiat daun bidara, buah bidara adalah buah yang mengandung sejumlah besar nutrisi berupa kalium dan kalsium. Di dalamnya juga terdapat kandungan fosfor yang baik yang dapat memperkuat gigi dan tulang.

Buah bidara sangat baik dikonsumsi pada anak-anak yang sedang berkembang karena dapat membentuk tulang dan gigi menjadi kuat. Buah ini juga baik untuk orang tua agar tulang tidak mudah rapuh.

3. Membantu Memulihkan Energi

Buah bidara adalah buah yang memiliki rasa manis saat matang. Buah ini kaya akan vitamin yang mampu meningkatkan daya tahan dan imunitas pada tubuh. Kandungan nutrisi buah bidara yang sangat tinggi terutama yang dibutuhkan oleh tubuh mampu memulihkan energi pasien yang sedang dalam masa pemulihan dari penyakit.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Buah bidara sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi darah. Manfaat buah bidara ini didapatkan lantaran mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membuat aliran darah lancar.

Perlu diketahui bahwa sirkulasi darah ditentukan oleh asupan makanan yang mengandung nutrisi dan zat yang dibutuhkan tubuh. Misalnya vitamin, beta-karoten, protein, zat besi, karbohidrat dan zat lain . Karenanya, buah bidara bisa turut memberikan manfaat tersebut.

Cara Budidaya Pohon Bidara

Selain membeli bibit pohon bidara, siapapun bisa menanamnya dengan memanfaatkan bijinya. Namun, untuk pertumbuhan bidara yang lebih cepat, dan juga hasil buah yang maksimal, maka diperlukan bibit yang unggul.

Bibit ini bisa didapatkan dengan perbanyakan vegetatif. Dengan demikian, maka akan dihasilkan tanaman yang lebih cepat berbuah, jumlah buah lebih banyak, dan yang pasti bibit dijamin berkualitas.

Untuk perbanyakan pohon bidara, beberapa cara bisa digunakan. Salah satunya adalah dengan mencangkok dan menyemai bibit. Untuk benih hasil cangkok, biasanya akan berbuah sangat cepat, karena berasal dari pohon dewasa. Sebaliknya, jika dari biji maka menunggu bertahun-tahun untuk bisa berbuah.

Bukan hanya khasiat daun bidara yang didapatkan, buahnya adalah bonus yang didapat saat menanam pohon bidara. Yang benar-benar perlu dipertimbangkan adalah memastikan bahwa benih yang akan ditanam adalah bibit pohon terbaik.

Kenali pula jenis bidara yang akan ditanam. Hal ini tak lain karena ada banyak sekali jenis bidara. Jadi, jangan sampai salah dalam memilih bibit yang paling diminati untuk dibudidayakan.

Sumber:
https://tanamanmart.com/khasiat-daun-bidara-pohon-bidara/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.