Kerja dari Rumah, Bisnis Pita Sulaman Yudiwati Merambah Pasar Global

0 113

Berbisnis tanpa meninggalkan anak bisa-bisa saja. Hal ini sudah dilakukan women entrepreneur, Yudiwati. Ia kini menekuni kerajinan Pita Sulaman. Dengan usaha ini ia untung besar. Bahkan bisa tembus hingga ke pasar global

“Dari kesukaan saya akan benda-benda handmade, saya kemudian mencoba berkreasi dari sulaman pita. Jika pada sulaman biasanya menggunakan bahan dasar benang, maka saya coba berkreasi dengan menggunakan pita, dan setelah saya praktekkan, ternyata sulaman pita tak kalah cantik,” ungkap perempuan pemilik Ramiza Boutique, dikutip dari situswww.wartawirausaha.com

Kreasi sulaman pita tak hanya berhenti pada satu produk saja. Di tangan munggil Yudiwati, kreasi sulaman pita bisa diaplikasikan pada pembuatan taplak meja cantik, bantal, selimut, dan lain sebagainya. Setelah banyak menyelesaikan produk, Yudiwati kemudian memberikan sampel buah karyanya kepada teman dan tetangga.

“Sungguh diluar dugaan, ternyata banyak kolega dan tetangga yang tertarik dengan produk saya. Menurut mereka sulaman dari bahan pita lebih rapih dan cukup inovatif. Dari situ kemudian ide wirausaha saya muncul, dan ingin mengembangkan lebih serius lagi dengan menekuni bisnis rumahan sulaman pita ini,” kata perempuan asal Bogor ini.

Dengan modal awal yang pas-pasan, Yudiwati membeli bahan-bahan utama untuk pembuatan aksesoris, seperti kain, pita, manik-manik, benang, jarum, lem tembak, gunting dan lain sebagainya.

“Saat itu tahun 2008, namun saya yakin jika peluang usaha untuk produk handmade dan aksesories perempuan ini masih terbuka lebar dalam waktu yang cukup lama. Dan ternyata keyakinan saya terbukti, hingga tahun 2014 pasar untuk bisnis ini masih terbuka lebar, bahkan permintaan hingga kini terus bertambah.” Tambahnya.

Makin mudahnya penjualan bisnis rumahan dengan cara online, serta canggihnya jaringan komunikasi saat ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Yudiwati untuk mengefektifkan pemasaran produk-produknya.

Hasilnya sungguh diluar dugaan, tak hanya pasar lokal yang tercover, pasar global pun sedikit demi sedikit ikut tersasar, Yudiwati saat ini bahkan kerap mengirim produknya hingga ke luar negeri. Karena itulah, sebisa mungkin Yudiwati melakukan berbagai inovasi produk-produknya agar bisa diterima di pasar.

“Inovasi yang saya lakukan adalah mencoba mengkreasikan sulaman pita pada produk-produk kreatif lain seperti bross, gelang, bando hingga hiasan rumah.

Hasilnya, beberapa produk menjadi primadona, seperti bross sulam pita yang ditengahnya dirangkai lagi aplikasi sulam pita berbentuk daun, bunga dan kreasi lain.” Ujarnya.

Kelebihan produk Yudiwati selain unik, ternyata harganya juga cukup terjangkau. Harga yang ditwarkan untuk keseluruhan produk antara Rp 12.000 hingga Rp 150.000. Menurut Yudiwati, harga paling mahal dibanderol untuk produk besar seperti hiasan rumah. 

Sumber : https://www.batamnews.co.id/berita-1149-kerja-dari-rumah-bisnis-pita-sulaman-yudiwati-merambah-pasar-global.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.