Ini Dia Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan buah manggis. Selain rasanya enak, manggis juga memiliki sangat banyak manfaat. Selain buahnya, bagian lain dari manggis yang juga memilki banyak manfaat adalah kulitnya. Khasiat kulit manggis tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan.

Kandungan zat seperti xhantone, tanin, dan astosionin menjadikan manggis sebagai buah dengan kandungan mulai dari antiinflamasi, antialergi, antibakteri, antifungi, hingga antioksidan. Semua zat tersebut adalah zat yang sangat berguna untuk merawat kulit dan kesehatan tubuh secara umum.

Terdapat beberapa cara untuk mengambil manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh. Cara pertama adalah dengan menggunakannya sebagai masker dan mengonsumsi daging buahnya.

Cara kedua, jika ingin yang lebih praktis, Anda bisa mengonsumsi ekstrak manggis atau menggunakan produk skin care dengan kandungan ekstrak manggis. Perawatan kulit manggis baik dilakukan sebagai perawatan rutin.

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Bukan hanya daging buahnya, ada banyak manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh dan kecantikan, yaitu:

1. Menyembuhkan alergi

Manfaat kulit manggis selanjutnya adalah mengatasi alergi. Gejala umum alergi yang sering muncul adalah rasa gatal dan ruam merah di kulit. Dengan kandungan antiinflamasi dan antialergi di dalamnya, kulit manggis akan membantu mengurangi gejala alergi atau bahkan mencegah alergi terjadi.

2. Menjaga kadar gula darah

Manfaat kulit manggis lainnya adalah dapat mencegah dan menjaga kandungan gula darah yang menyebabkan seseorang dapat terkena kencing manis dini. Sebuah penelitian mengungkapkan, kandungan kulit manggis—alpha-amylase—sebanding dengan zat acarbose. Fungsi zat ini yaitu menghambat enzim yang menyebabkan pati dalam tubuh terurai menjadi glukosa.

3. Mencegah penyakit jantung

Banyak orang tidak menyangka bahwa manfaat kulit manggis ternyata berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan kulit manggis di antaranya tembaga, mangan dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung, dan tekanan darah. Dengan demikian, manfaat kulit manggis yaitu memberikan perlindungan terhadap penyakit stroke dan jantung koroner.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Tidak hanya manfaat kulit manggis yang bisa diperoleh, manfaat daging buah manggis pun juga baik bagi kesehatan tubuh. Daging buah manggis dapat menjadi sumber yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan karena membantu menangkal sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Nah, itulah beberapa manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh dan kecantikan yang bisa Anda dapatkan. Meskipun merupakan bahan alami, beberapa orang mungkin mengalami efek samping dari kulit manggis ini. Bagi ibu hamil dan menyusui serta mereka yang sedang mengonsumsi obat tertentu, sebaiknya hindari konsumsi kulit manggis.

5. Mencegah penuaan dini

Manfaat kulit manggis untuk kecantikan yang pertama adalah dapat mencegah penuaan dini. Gejala penuaan yang umumnya muncul di usia 30 hingga 40 tahun, bisa muncul lebih awal pada usia 20an. Hal ini bisa disebabkan oleh seringnya kulit terpapar sinar UV dan banyaknya radikal bebas. Maka dari itu, pencegahan sangatlah perlu untuk dilakukan.

Anda bisa menjadikan kulit manggis sebagai salah satu cara untuk mencegah dan mengurangi gejala penuaan dini. Sebagai antioksidan yang akan membantu menangkal radikal bebas, kulit manggis dapat membantu memperlambat munculnya gejala tersebut.

6. Mengencangkan kulit

Manfaat kulit manggis untuk kulit selanjutnya adalah mengencangkan kulit. Gejala penuaan ditandai dengan munculnya garis halus, keriput dan juga kulit yang tidak kencang. Dengan melawan gejala penuaan tersebut, tentunya Anda akan dapat mempertahankan atau mendapatkan kulit wajah yang kencang kembali.

7. Membantu regenerasi kulit

Berbagai masalah kulit bisa membuat sel-sel kulit Anda menjadi rusak. Sering kali kulit juga mengalami kesulitan untuk meregenerasi kembali. Kandungan antiinflamasi yang ada dalam kulit manggis akan membantu proses regenerasi kulit. Dengan begitu, sel kulit yang sudah rusak pun akan dengan cepat tergantikan dengan sel baru.

8. Mengatasi jerawat

Manfaat kulit manggis selanjutnya adalah mengatasi jerawat. Meskipun menjadi salah satu masalah kulit paling umum, jerawat sering kali sulit untuk diatasi. Kulit manggis bisa menjadi salah satu alternatif Anda untuk mengatasi masalah jerawat.

Kandungan antiinflamasi pada kulit manggis akan meredakan peradangan pada jerawat. Sedangkan kandungan antibakterinya akan mencegah perkembangan bakteri penyebab jerawat muncul kembali.

9. Menghilangkan flek hitam dan menghaluskan Kulit

Setelah jerawat hilang, biasanya masih ada masalah berupa flek hitam di wajah. Jangan hentikan perawatan dengan kulit manggis setelah jerawat hilang, karena khasiat kulit manggis lainnya adalah menghilangkan flek hitam hingga mencerahkan kulit.

Bagian kulit berjerawat juga merupakan bagian kulit yang mengalami kerusakan. Berhubung kulit manggis memiliki manfaat untuk membantu regenerasi kulit, flek hitam pun dengan lebih cepat memudar dari wajah. Wajah pun menjadi lebih halus dan cerah.

10. Menurunkan berat badan

Berat badan ideal tentunya didambakan oleh banyak orang. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa buah manggis dan kulit manggis baik dikonsumsi untuk diet. Kulit manggis dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menyeimbangkan nafsu makan.

sumber : https://doktersehat.com/manfaat-kulit-manggis/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.