Daftar Kerajinan Tangan dari Bambu yang Bernilai Jual Tinggi

0 93

Bambu merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditemui di Indonesia, karena tanahnya yang subur dan cuaca yang cocok, maka bambu bisa tumbuh subur di negara kita ini. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum paham dengan manfaat besar dari bambu, di tempat saya sendiri masih banyak pemilik lahan yang membuang pohon bambunya karena dianggap tidak berguna.

Harga jual satu pohon bambu hanya berkisar dibawah 10 ribu, namun kalau 1 kebun ada 1.000 bambu, bisa 10 juta tuh. Kalau di tempat saya kebanyakan batang pohon bambu digunakan untuk membuat anyaman gedek, beberapa kerajinan, dan yang paling banyak digunakan untuk pembangunan rumah entah sebagai pondasi atap ataupun hanya sebagai penyangga saja.
Sebenarnya bambu merupakan salah satu bahan kerajinan tangan yang memiliki nilai komersil cukup tinggi loh, kalau tidak salah saya pernah melihat tayangan pengrajin bambu yang bisa membuat sepeda dari bahan bambu, harga jualnya bisa mencapai 20 juta. Ini saja sudah membuktikan bahwa bambu sebenarnya punya nilai jual yang tinggi kalau diolah dengan benar.
Beberapa jenis bambu yang biasa digunakan untuk bahan kerajinan tangan diantaranya adalah bambu tutul, gombong, apus, dan betung. Seperti apa saja kerajinan tangan dari bambu yang memiliki nilai jual tinggi? Berikut adalah daftarnya :

1. Alat musikAngklung merupakan salah satu alat musik asli Indonesia yang terbuat dari bambu, alat musik yang satu ini sudah mendunia loh. Kalau di Indonesia harga jualnya cukup mahal, mencapai ratusan ribu bahkan jutaan Rupiah. Selain angklung, masih ada pula pengrajin yang membuat gitar dari bambu, meski masih baru namun dia bisa menembus pasar luar negeri, harga jualnya lumayan mahal karena memang terkesan unik dan menarik.
2. Perlengkapan dapurIbu saya masih setia memakai tampah, tumbu, keranjang, caping, dan berbagai peralatan lain yang terbuat dari bambu. Selain harganya yang murah, katanya memakai peralatan dari bambu lebih aman jika dibandingkan peralatan dapur yang terbuat dari plastik. Kerajinan tangan dari bambu ini memang cukup banyak diminati di kalangan masyarakat kita, hanya yang sok gengsi saja yang sudah enggan menggunakan kerajinan tangan dari tanah air.
3. AksesorisKala di SD dulu, saya diajari untuk membuat banyak kerajinan tangan dari bambu, mulai dari gelang, kalung, bahkan bando dari bambu. Yah, saat ini masih banyak juga pembuat aksesoris dari bambu, meski peminatnya kurang di negara kita ini, namun saya yakin kalau diluar negeri aksesoris seperti ini malah laris manis.
4. ReplikaMotor dari bambu, sepeda dari bambu, bahkan tidak menutup kemungkinan akan ada mobil replika dari bahan dasar bambu. Keunikan yang diciptakan membuat banyak orang kagum dengan hasil karya ini, pantas saja mereka mau membelinya dengan harga yang sangat mahal sekalipun karena sebuah seni memang sulit dihargai.
5. HiasanLukisan, hiasan dinding, tempat lampu, dan berbagai jenis hiasan lain yang terbuat dari bambu merupakan salah satu hasil kerajinan tangan yang sangat bagus. Di tempat wisata biasanya banyak yang menjual hiasan dari bambu ini, harganya cukup murah dan tentu saja punya nilai seni yang tinggi.
6. Perabotan rumahKursi, meja, lemari, sekat ruangan, bahkan tempat tidur dari bahan baku bambu, berapa harganya? Bisa mencapai jutaan rupiah untuk satu set-nya, desain jangan ditanya lagi, sudah pasti bagus. Meski menggunakan bambu, perabotan ini nyatanya kuat dan awet loh, dibandingkan dengan yang berbahan dasar dari kayu, biasanya perabotan rumah dari bambu malah lebih awet.

Sumber : https://wirausahakan.blogspot.com/2016/10/daftar-kerajinan-tangan-dari-bambu-yang.html

Incoming search terms:

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.