Bisnis Usaha DropShip Online Terpercaya di Indonesia

0 45

Bisnis dropship memang banyak dilirik oleh sebagian orang. Banyak pula di antaranya ingin memulai bisnis ini, namun masih ragu karena menganggap bahwa bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar dan keterampilan yang memadai.  Melalui pengamatan dari berbagai forum-forum diskusi, banyak yang mempertanyakan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan bisnis dropship  ini. “Bagaimana cara kerja bisnis dengan sistem dropship ini? Bagaimana cara melakukan order dan berapa lama pengiriman online dropship ini bisa sampai ke tangan customer saya?”

Ya, pertanyaan-pertanyaan umum terkait dengan sistem dropship ini sering muncul untuk memastikan apakah bisnis dropship ini merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan untuk dilakukan. Terlebih, jika Anda merupakan pemula yang memang perlu untuk mengetahui lebih dalam terkait dengan bisnis dropship ini.

Dropship Payment

Sebelumnya, DigitalMarketer.id sudah pernah membahas artikel terkait dengan dropship yang berjudul “Dropship, Cara Mudah Memulai Bisnis Online Tanpa Modal.” Sedikit mengulas kembali, dropship sendiri merupakan penjualan produk yang memungkinkan dropshipper (reseller) menjual produk ke customer dengan bermodalkan produk dari supplier (tanpa harus ada stok terlebih dulu dan menjual produk tersebut ke customer dengan harga yang ditentukan oleh dropshipper. Untuk lebih mengenal tentang sistem bisnis dropship online, berikut adalah penjelasannya yang telah dirangkum dalam poin-poin pertanyaan.

Apakah supplier dropship ada layanan customer atau dapat berbicara dengan customer saya?

Tidak. Jika Anda menjalankan bisnis online dengan bisnis sistem dropship, berarti Anda adalah pengecer, dan 100% bertanggung jawab berurusan dengan customer Anda sendiri. Anda hanya perlu membangun dan memasarkan situs website Anda, menangani konsultasi dengan customer, memecahkan masalah dan menghadapi masalah apapun dengan customer. Sederhananya, Anda akan bertindak sebagai perantara antara pemasok Anda dan customer Anda.

Bagaimana cara melakukan order dropship dari supplier?

Setiap pengiriman grosir dropship akan berbeda-beda. Untuk itu, sebelum Anda melakukan transaksi bisnis sistem dropship, alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu ketentuan dan kebijakan dari Supplier. Kebanyakan supplier (tetapi tidak semua) akan menerima pesanan melalui email. Banyak dari supplier akan menerima orderan melalui telepon. Namun, supplier dengan situs-situs website yang lebih maju akan menerima order secara online.

Dropship OKKK

Contohnya, pada website www.Supplier.id yang merupakan websitepenyedia beraneka macam produk untuk kebutuhan reseller dan dropship, mereka sepenuhnya menggunakan sistem secara online. Untuk menjadi member online dropship, Anda sebelumnya harus mengisi form pendaftaran member.  Setelah itu, Anda diharuskan membayar untuk aktivasi member. Setelah mengisi form konfirmasi pembayaran, secara langsung Anda dapat menggunakan sistem dropship dan melakukan transaksi  yang sepenuhnya dilakukan secara online.

Kapan pengiriman dropship sampai ke tangan customer saya?

Kebanyakan para supplier dropship online akan menggunakan jasa pengiriman ekspedisi lain yang terpisah dengan supplier. Di Indonesia, yang umumnya dipakai adalah jasa pengiriman via JNE, TIKI, dan Pos. Setiap paket dan harga pengiriman akan disesuaikan dengan permintaan order dari customer. Selain bergantung pada kualitas pemasok, lama tidaknya paket pengiriman juga bergantung pada lokasi paket dikirim.

Lalu, dapatkah saya mendapatkan informasi terkait dengan pengecekan dan status status pengiriman paket?

Umumnya, setelah supplier dropship online mengirimkan paket menggunakan jasa pengiriman ekspedisi (JNE, TIKI, atau Pos),  maka segera setelah itu pihak supplier akan mendapatkan nomor resi pengiriman paket. Selanjutnya, supplier akan mengirimkan nomor resi pengiriman kepada Anda sebagai peng-order atau dropshipper. Setelah Anda (dropshipper), menerima nomor resi tersebut dari supplier, maka sudah menjadi tanggung jawab untuk memberikannya kepada customer Anda.

Jika nomor resi pengiriman sudah didapatkan oleh dropshipper dan customer Anda, maka bukan lagi menjadi tanggung jawab supplier onlinedropship jika terdapat keterlambatan pengiriman. Melainkan, menjadi tanggung jawab jasa ekspedisi terkait. Untuk itu, nomor resi ini sangat berguna untuk melakukan pengecekan sekaligus pelacakan terhadap status pengiriman. Setiap jasa ekspedisi pengiriman paket biasanya mempunyai fitur online untuk melihat status paket barang yang dikirim, dengan cara memasukan nomor resi secara online.

Bagaimana jika seandainya customer dari dropshipper menuntut pengembalian produk?

Dalam melakukan bisnis dropship online, tentunya akan terjadi di mana produk yang dikirimkan ke customer terdapat cacat atau rusak yang terjadi pada saat pengiriman, atau karena faktor lainnya. Untuk itu, kebanyakan pengiriman dropship akan memiliki kriteria dan ketentuan tertentu terkait dengan apa yang dapat dan tidak dapat dikembalikan. Sehingga, sebagai dropshipper Anda perlu untuk memastikan bahwa Anda telah melihat ketentuan dan persyaratan dengan jelas (sebelum transaksi pembelian dan sebelum menerima kembali dari customer) dan memenuhi ketentuan tersebut.

Ganti Produk

 Kebanyakan supplier online dropship akan mengeluarkan nomor Return Authorization (RA). Nomor ini bertujuan untuk mengidentifikasi sistem pengembalian produk yang sudah dibeli. Setelah produk diterima, maka selanjutnya supplier hanya melihat nomor RA dan mencocokannya dengan alamat gudang sesuai dengan produk yang sudah dibeli sebelumnya.

Setelah supplier dropship online menerima kembali produk, mereka harus mengirimkan pemberitahuan bersamaan dengan rincian harga awal produk dan jumlah biaya yang dikeluarkan untuk pengiriman kembali produk. Supplier sepenuhnya akan mengganti produk dan biaya pengiriman kembali. Kemudian, pada gilirannya supplier akan mengirimkan produk ke customerAnda.

Mengapa supplier dan dropshipper harus membuat ketentuan terkait dengan pengembalian produk?

Mungkin, setiap supplier dan dropshipper mempunyai kebijakan yang berbeda-beda terkait dengan ketentuan pengembalian produk melalui bisnis dropship online ini. Namun, alangkah baiknya jika setiap supplier dan dropshipper memperhatikan rekomendasi terkait dengan hal ini:

Untuk barang-barang yang rusak: Jika pelanggan menerima barang yang rusak, maka saya merasa bahwa mereka membeli produk dari bisnis dropship online saya. Untuk itu, saya bertanggung jawab untuk membayar semua biaya terkait untuk pengembalian produk dan mengirimkannya kembali ke customer saya. Namun sayangnya, banyak orang dengan usaha dropship (baik supplier dan dropshipper)berpendapat:

“Kami tidak membuat produk! Itulah mengapa ini bukan kesalahan kita! Itemproduk yang rusak adalah risiko pelanggan.”

Namun, hal tersebut adalah cara yang buruk untuk menjalankan sebuah bisnis sistem dropship. Secara tidak langsung, Anda akan membuat branding yang sangat buruk untuk customer Anda. Untuk membangun bisnis dropship terpercaya, maka alangkah baiknya jika dropshipper melalui supplier mengembalikan biaya pengiriman yang dikeluarkan oleh customer untuk mengirimkan kembali item, serta biaya yang dikeluarkan untuk pengiriman produk baru.

Untuk barang-barang yang salah pengiriman: Biasanya, sering terjadi pula customer yang mengembalikan produk karena produk yang dikirim tidak sesuai dengan produk yang dimaksud saat awal pembelian. Ini terjadi karena dua sebab. Pertama, bisa jadi customer salah dalam melihat kode produk ketika pembelian. Kedua, karena kesalahan pihak supplier  dropship onlineyang salah seleksi dalam mengirimkan barang. Jika opsi pertama yang menjadi kendalanya, maka biaya pengiriman kembali dan biaya pengiriman produk baru akan ditanggung oleh customer. Namun sebaliknya, jika kendala terjadi akibat kesalahan seleksi pihak supplier, maka tanggung jawab sepenuhnya dibebankan kepada pihak supplier.

Bagaimana melakukan dropship internasional?

Ini bervariasi, tergantung dengan kebijakan supplier, sehingga Anda perlu memeriksanya dengan seksama. Pengiriman dropship memungkinkan Anda mengeluarkan biaya pengiriman yang cukup mahal. Jarak tempuh pengiriman antar negara adalah sebabnya. Belum lagi jika produk yang Anda beli dari sistem dropship online internasional terkena pajak dari bea cukai. Selain biaya pengiriman dan pajak yang cukup mahal, pengiriman dropship secara signifikan juga memakan banyak waktu untuk setiap proses tatanan internasional. Karena, terdapat urusan dokumen-dokumen yang terlibat. Beberapa negara membebankan biaya tambahan yang cukup mahal.

International

Selain itu, jika Anda melakukan transaksi bisnis online dropship internasional, maka letak kerumitan terletak pada ketentuan pengembalian produk dan kasus penipuan. Jika customer internasional menerima produk rusak, maka penggantian produk secara signifikan akan memakan biaya yang lebih mahal. Belum lagi terdapat kemungkinan penipuan dan penyalahgunaan terkait dengan pengiriman internasional.

Ini Salah Satu Toko Online di Indonesia yang Menerima Reseller dan Dropship

Jika memang Anda benar-benar memulai bisnis online melalui bisnis dropship, maka ada baiknya untuk mengetahui mana saja toko online yang menawarkan sistem reseller dan dropship. Salah satu toko online yang menawarkan produk-produk untuk kebutuhan reseller dan dropship adalah www.Supplier.id. Melalui Supplier.id, Anda dapat menemukan berbagai macam barang dengan harga murah, mulai dari gadget, accessories, home & living, hingga fashion.

Bukan hanya itu, dengan bergabung menjadi reseller dan dropshipper di Supplier.id, maka Anda bisa berjualan online tanpa memiliki stok barang di tempat Anda. Bahkan, Supplier.id dapat segera mengirimkan pesanan customer Anda secara langsung , tanpa Anda harus disibukkan dengan pengepakan barang dan melakukan pengiriman.

Setiap pebisnis tentu menginginkan keuntungan yang besar dari bisnis yang sedang dijalankannya. Ya, hal ini pula lah yang akan Anda dapatkan jika Anda memilih Supplier.id untuk memenuhi kebutuhan reseller atau dropship Anda. Bagaimana tidak, Supplier.id akan memberikan keuntungan hingga 20-70% dari harga produk. Hal ini dikarenakan, harga reseller yang ditawarkan sangat menarik.

Lalu, bagaimana kita tahu bahwa Supplier.id merupakan penyedia layanan reseller dan dropshipper terpercaya? Jika Anda mempertanyakan hal tersebut, itu artinya Anda benar-benar berniat untuk menjalankan bisnis ini. Syarat pertama untuk menjalankan bisnis reseller dan dropship adalah, Anda harus tahu apakah supplier yang Anda pilih mempunyai kredibilitas yang baik. Supplier.id sendiri dibentuk oleh Denny Santoso yang merupakan seorang serial entrepreneur dan digital marketer. Itulah mengapa Supplier.idtermasuk ke dalam salah satu supplier yang mempunyai kredibilitas terpercaya.

Tidak seperti kebanyakan supplier yang menawarkan reseller dan dropship, di Supplier.id Anda akan mendapatkan materi edukasi untuk meningkatkan penjualan Anda melalui Facebook Grup Eksklusif. Jadi bagi Anda yang termasuk pemula dan menekuni bisnis reseller dan dropship, ini merupakan angin segar bagi Anda. Pasalnya, Anda dapat berbagi tentang bisnis onlinedan mengonsultasikannya langsung dengan expert.

Bagaimana, Anda tertarik untuk menjalankan bisnis online dropship ini? Jika ya, pastikan bahwa Anda memilih supplier yang tepat dengan penawaran dan syarat ketentuan yang memudahkan Anda.

Sumber : https://digitalmarketer.id/mindset/bisnis-usaha-dropship-online-terpercaya-di-indonesia/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.