Analisa Usaha Singkong dan Budidaya Ubi Kayu

0 94
analisa usaha singkong

Singkong adalah sejenis buah dari tanaman umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah. Singkong memiliki bentuk lonjong sepanjang lengan anak kecil, dagingnya menggelembung di bagian tengah dan mengerucut di kedua sisinya. Singkong memiliki tekstur daging yang keras. Warna kulit singkong adalah coklat tua atau coklat kehitaman. Singkong tidak memiliki rasa khusus saat masih mentah karena daging buahnya masih sangat keras.

Ayobudidaya.com kali ini akan membahas tentang analisa usaha singkong dan analisa usaha budidaya ubi kayu? Apa bedanya? Sebenarnya hampir sama saja. Tapi kita akan ulas selengkapnya berikut ini:

Ayobudidaya.com kali ini akan membahas tentang analisa usaha singkong dan analisa usaha budidaya ubi kayu? Apa bedanya? Sebenarnya hampir sama saja. Tapi kita akan ulas selengkapnya berikut ini:

Analisa usaha singkong, baik dalam analisa usaha budidaya singkong gajah, analisa usaha budidaya ubi kayu, merupakan kalkulasi hasi usaha tanam singkong maupun hasil panen singkong per hektar.

Hal ini juga berkaitan dengan biaya tanam singkong per hektar yang sudah dikucurkan. Jadi, kita (petani singkong) bisa mengetahui seberapa besar untung rugi budidaya singkong yang telah dilaksanakan.

Misalkan selama ini yang para petani lakukan adalah polanya dengan dalam 1 hektar singkong menghasilkan berapa ton? Lalu, hasil panen singkong gajah per hektar berapa rata-rata yang didapatkan?

Sehingga kita perlu lebih merinci lagi tentang analisa usaha tani singkong ini. Selain itu kita juga di era saat ini memang sudah tidak heran lagi dengan berkembangnya aneka macam usaha berbahan dasar singkong.

Hal ini tentunya untuk meningkatkan kapasitas diri dan meningkatkan pendapatan usaha rumah tangganya, misal dengan cara buat kripik singkong renyah sehingga nantinya tidak hanya berkutat dengan proses budidaya singkong saja.

Jadi bisa ditingkatkan ke dalam usaha keripik singkong aneka rasa dan bisa menjadi pilot projek contoh proposal bisnis keripik singkong untuk masyarakat sekitar jika usaha berkembang, sehingga para petani lainnya juga termotivasi, tidak menjual putus singkongnya terlebih saat harga singkong lagi murah.

Selain itu, memang dengan mengetahui secara rinci tentang analisa usaha singkong dan analisa usaha budidaya ubi kayu, petani diharapkan tidak hanya berkutat dengan budidaya singkong gajah, budidaya singkong magu, budidaya singkong kasesa, atau jenis singkong lainnya.

Tapi bisa memikirkan produk olahan singkong yang bisa dijual dan menjadi peningkatan pendapatan. Selain itu juga, petani selain dapat mengetahui potensi dan cara memasarkan hasil usaha tani singkongnya juga dapat mengetahui cara memasarkan keripik singkong hasil olahannya.

Analisa Usaha Singkong

Berikut ini adalah analisa usaha singkong yang dilansir dari berbagai sumber. Misal dari berita yang pernah diterbitkan AntaraNews yang menyatakan di beberapa tempat dan petani dengan lahan singkong 1 hektare dapat menghasilkan keuntungan bersih Rp52 juta di budidaya singkong.

Jika rata-rata hasil panen di angka Rp52 juta untuk satu hektare lahan dan tanaman singkong, artinya usaha singkong menjadi salah satu jenis usaha budidaya ubi kayu yang menggiurkan di Indonesia. Mari kita coba perhitungkan analisa usaha singkong berikut ini:

Analisa Usaha Budidaya Ubi Kayu

Jika seandainya, sampai saat ini biaya sewa lahan atau sewa ladang seluas satu hektare Rp7.000.000. Lalu, biaya pembukaan lahan untuk ditanami singkong Rp3.000.000 untuk biaya pembajakan dan pembukaan lahan tanam singkong.

Artinya modal awal yang harus dikeluarkan adalah Rp10.000.000. Selanjutnya pada lahan yang akan dikelola dalam perhitungan sebagai berikut:

  • Upah Pekerja yang harus dibayarkan adalah Rp2.000.000 (Disesuaikan, ini UMR Lampung).
  • Bibit Singkong 7.000 batang x Rp600 = Rp4.200.000 (Disesuaikan harga bibit di setiap daerah).
  • Kapur pertanian untuk lahan tanam 2.000 kg x Rp1500 = Rp3.000.000
  • Upah tanam (Jika ini berbeda dari upah kerja) = Rp750.000
  • Biaya pemeliharaan (simpanan sewaktu-waktu) = Rp1.000.000
  • Pestisida = Rp200.000 (disesuaikan dengan pestisida yang digunakan)
  • Pemupukan Tanaman Singkong = Rp4.000.000 (disesuaikan dengan pupuk apa saja yang digunakan, dan mendapatkannya dari mana, lebih murah dengan pupuk kompos atau pupuk organikyang didapatkan dari ternak sendiri).
  • Upah panen singkong = Rp1.500.000 (disesuaikan dengan kondisi yang ada di daerah).
  • Transportasi angkut singkong Rp2.000.000 (disesuaikan dengan angkutannya).
  • Biaya lain – lain = Rp1.000.000

Total pengeluaran = Rp29.650.000

Analisa Keuntungan Usaha Budidaya Singkong atau Ubi Kayu

Dengan modal Rp29.650.000 maka yang didapatkan dari hasil keuntungan usaha budidaya singkong atau analisa usaha budidaya ubi kayu adalah:

Jika dalam satu hektare dan 7.000 batang bibit singkong adalah 125 ton atau 125.000 Kg, dengan harga singkong yang didapatkan di angka kisaran Rp700 per kg, maka yang didapat dalam penjualan singkong adalah Rp87.500.000.

Keuntungan Analisa Usaha Singkong dalam Budidaya Ubi Kayu

Jadi keuntungan bersih yang didapatkan dalam analisa usaha singkong dalam bentuk usaha budidaya ubi kayu ini adalah : Keuntungan bersih – modal usaha tanam singkong = Rp87.500.000 – Rp29.650.000 = Rp57.850.000.

Catatan: Keuntungan dalam analisa usaha singkong ini mencapai Rp57.850.000 belum dianalisakan modal yang dipinjam dari bank ataupun lainnya yang berbunga.

Jika modal tanam singkong didapatkan dari peminjaman berbunga, maka bisa dipotong bunga banknya terlebih dahulu untuk mengetahui keuntungan bersihnya.

Analisa keuntungan ini sebenarnya baru dalam sektor budidaya ubi kayu saja. Masih banyak peluang usaha olahan singkong yang bisa dikerjakan sehingga menghasilkan omset usaha yang lebih besar.

Seperti contoh di wilayah jogja ada yang menjalankan usaha franchise singkong keju jogja, ada juga usaha aneka rasa singkong keju.

Begitu juga di Bandung, Jawa Barat, ada usaha atau bisnis singkong keju bandung. Hal ini menandakan usaha singkong memang sangat menggiurkan. Nah apakah kamu tertarik setelah menghitung analisa usaha singkong ini. Semoga saja artikel bermanfaat ya.

Sumber : http://www.kerjanya.net/faq/17970-singkong.html , https://ayobudidaya.com/perkebunan/analisa-usaha-singkong/

Incoming search terms:

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.