9 Ide Bisnis Berbau Wedding yang Menjanjikan ala Millenial

0 85

Peluang bisnis yang berbau pernihakan sekarang tengah digandrungi pebisnis muda, termasuk juga kaum Millenial. Mereka memanfaatkan era digital dan teknologi yang semakin canggih buat mengkreasikan ide dan gagasan usaha di bidang wedding yang sekarang tengah jadi sorotan. Meski belum memiliki pengalaman seperti beberapa vendor pada umumnya, pebisnis muda juga gak mau kalah dengan mereka yang sudah memiliki sepak terjang tinggi.

Adanya daya kreativitas, skill, keberanian yang diperhitungkan, dan kemauan kuat jadi modal dasar bagi mereka. Buat kamu yang punya passion di bidang Wedding EO, kamu bisa mencoba beberapa peluang usaha simple dengan modal yang masih bisa dijangkau seperti di bawah ini.

1. Food truck

9 Ide Bisnis Berbau Wedding yang Menjanjikan ala Millenial

goldcoasttipis.com.au

Cukup bermodalkan mobil/ truk dan kemampuan kreativitas untuk mendesainnya, kamu bisa menawarkan paket katering buat wedding yang bertema kebun atau outdoor.

Kamu juga bisa menawarkan kerja sama sebagai mitra untuk mengisi stand makanan jika pernikahan dilakukan di gedung atau indoor. Kamu akan lebih mudah balik modal asal pandai dalam hal pemasaran, packaging, dan tentunya menjaga kualitas rasa makananan.

2. Dokumentasi foto dan video

9 Ide Bisnis Berbau Wedding yang Menjanjikan ala Millenial

instagram.com/raisa6690

Buat kamu yang hobi fotografi atau videografi, manfaatkanlah kegemaran kamu ini untuk menghasilkan uang. Kamu bisa bekerja sambilan waktu weekend jika saat ini bekerja kantoran. Bisnis dalam bidang ini barangkali sudah menjamur mengingat era digital yang semakin maju.

Namun jika kamu pandai mencari peluang pasar, kamu akan mudah mendapatkan order pada momen penting seperti engagement, prewedding, atau wedding. Mulailah promosi kecil dengan kerabat atau teman-teman kamu melalui media sosial yang kamu punya, jika terus berinovasi dan konsisten kamu akan lebih mudah mengambil hati pelanggan.

3. Hias seserahan, mahar, dan hantaran

9 Ide Bisnis Berbau Wedding yang Menjanjikan ala Millenial

instagram.com/seserahan_id

Kamu punya keahlian berkreasi atau setidaknya punya kemauan dan minat di bidang packagingbarang? Coba deh bisnis kecil-kecilan menghias barang untuk dihantarkan ke pengantin perempuan.

Menghias barang seserahan atau hantaran saat lamaran atau akad nikah akan jadi peluang yang menjanjikan. Bermodalkan kotak-kotak cantik berbahan kayu dan kaca seperti ini, kamu sudah bisa berkreasi dengan pernak-pernik lucu yang juga bisa kamu beli dan pakai lagi.

4. Jasa makeup untuk braidesmaids dan keluarga

9 Ide Bisnis Berbau Wedding yang Menjanjikan ala Millenial

instagram.com/fathinrm

Kamu yang barangkali termasuk generasi Millenial barangkali belum cukup pengalaman dan akan kalah saing dengan MUA yang sudah expert. Namun bukan berarti kamu gak punya peluang lho! Sekarang sudah banyak calon pengantin yang mempercayakan kebutuhan makeup mereka pada MUA muda untukdi acara lamaran atau foto prewedding.

Kamu juga bisa ikut MUA yang sekiranya sudah berpengalaman terlebih dahulu untuk jadi partner mereka. Hitung-hitung belajar gratis sambil dapat pengalaman dan penghasilan tambahan.

5. Desain dan cetak undangan

9 Ide Bisnis Berbau Wedding yang Menjanjikan ala Millenial

notonthehighstreet.com

Berbagai macam bentuk undangan dari mulai cetak sampai digital saat ini bisa jadi ide bisnis yang menggiurkan. Pasalnya, pasangan sekarang lebih tergiur dengan desain yang lebih mengarah ke anak muda dan bisa by request seperti apa yang mereka mau. Cukup bermodal kemampuan desain, kamu perlu mencobanya juga nih!

6. Penyedia souvenir pernihakan

9 Ide Bisnis Berbau Wedding yang Menjanjikan ala Millenial

instagram.com/invistation

Kalau dulu orang masih sering kesulitan mendapatkan pernak-pernik yang pas buat souvenir pernihakan, sekarang permintaan pasar untuk dapat souvenir dengan desain simple seperti pouch seperti ini sudah banyak.

Tinggal siapkan bahan sebagai perangkat souvenir dan kemampuan desan, kamu bisa mencetak sendiri untuk para pelanggan. Jangan khawatir karena bisnis ini bisa dilakukan dengan cara preorder, jadi kamu lebih mudah untung dan minim modal.

7. Desain dan jahit dresses keluarga dan bridesmaids pengantin

9 Ide Bisnis Berbau Wedding yang Menjanjikan ala Millenial

Unsplash/Photos by Lanty

Kamu punya kemampuan jahit dan punya passion kerja di bidang wedding? Kamu bisa coba untuk menyediakan jasa desain dan jahit dresses untuk keluarga atau bridesmaids pengantin. Seperti para MUA muda lainnya, kamu bisa belajar dulu dari segmen kecil. Lama-lamaan setelah terbiasa, kamu akan berani mengambil job menyediakan gaun untuk pengantin utama.

8. Dekor photobooth

9 Ide Bisnis Berbau Wedding yang Menjanjikan ala Millenial

auroravine.com

Zaman sekarang, para Millenial kita tengah disibukkan dengan personal branding mereka di media media sosial. Setiap orang berlomba-lomba menunjukkan penampilan terbaik mereka lewat foto yang diunggah seperti di instagram atau media sosial lainnya.

Kamu juga bisa memeanfaatkan peluang ini sebagai penyedia dekorasi photobooth pada saat lamaran atau resepsi. Bermodalkan kain, kayu, kursi, bunga, dan pernak pernik lainnya kamu sudah bisa memulai bisnis derasi photobooth ini.

9. Buket bunga

9 Ide Bisnis Berbau Wedding yang Menjanjikan ala Millenial

wedding-box.ro/

Kecil tapi penggunaannya cukup signifikan di pernihakan dan resepsi, kemampuan merangkai bunga juga bisa dilakukan secara otodidak. Bukan hanya buket bunga untuk pengantin, kamu boleh jadi bisa kerja sama dengan vendor pernikahan lain seperti jasa foto, photobooth, atau hias seserahan sebagai penyedia pernak-pernik bunga hidup maupun hias mereka.

Dari beberapa ide di atas, mana nih yang paling masuk buat kamu menjalankan bisnis di bidang wedding ini? Membuka usaha bukan karena coba-coba saja. Butuh persiapan, niat yang kuat, dan konsistensi untuk menjalankan bisnis di bidang pernikahan ini. Pasalnya, setiap pasangan pasti ingin yang terbaik untuk momen penting seperti pernihakan mereka.

Selain kualitas barang dan jasa kamu yang harus oke, kamu juga perlu memberikan pelayanan yang baik agar bisnis bisa terus berkembang.

Sumber :
https://www.idntimes.com/business/economy/fajar-laksmita/9-ide-bisnis-berbau-wedding-yang-menjanjikan-ala-millenial-c1c2/full

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.