6 Ide Bisnis Kreatif yang Bisa Mendatangkan Banyak Rupiah

0 76

KOMPAS.com – Tren berbisnis di kalangan anak muda kian digemari. Agar bisa bersaing dan bertahan di dunia bisnis, Anda harus memilih ide bisnis kreatif modal kecil yang peluangnya lebih besar. Lalu ada ide bisnis kreatif apa saja yang bisa dipilih? Membuka bisnis sendiri tampaknya sekarang sedang menjadi tren. Hal ini bisa Anda lihat dari banyaknya perusahaan startup dan bisnis kreatif yang sebagian besar dilakoni oleh anak muda. Merintis bisnis pribadi memiliki tantangan tersendiri sehingga membuat banyak orang berlomba-lomba untuk dapat mewujudkan bisnis yang sukses. Di tengah persaingan yang tinggi, bisnis kreatif tetap bisa bertahan dan menjadi sorotan karena tampil dengan beragam inovasi menarik. Disebut bisnis kreatif karena dalam proses pembuatan produk-produknya dibutuhkan kreatifitas sehingga bisa menghasilkan nilai seni dan harga jual yang tinggi. Baca juga: Bekraf: Kontribusi Ekonomi Kreatif ke PDB 2018 Lebih dari Rp 1.000 Triliun Buat Anda yang tertarik untuk membuka bisnis kreatif, berikut ini sepuluh ide bisnis kreatif yang bisa mendatangkan banyak rupiah, seperti dikutip dari situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id:

1. Kerajinan rotan Naiknya dollar AS ternyata tidak selamanya berdampak buruk pada industri bisnis Indonesia. Ada sektor industri yang ternyata malah mendulang untung berlipat akibat dampak kenaikan dollar AS, yaitu kerajinan rotan. Kenapa bisa untung? Karena kerajinan rotan yang dihasilkan akan diekspor ke luar negeri. Perlu Anda ketahui, permintaan akan kerajinan rotan dari negera-negara Eropa dan Jepang ini sangat tinggi. Tapi bukankah di Indonesia pengrajin rotan sudah banyak? Di Indonesia kerajinan rotan memang sudah banyak pengrajinnya, tapi bentuknya sangat kaku dan itu-itu saja. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan ide bisnis kreatif yang jarang ada ini sebagai peluang untuk berbisnis kerajinan rotan dengan tampilan yang lebih unik seperti bentuk-bentuk karakter tokoh kartun. Harga yang dijual per buahnya mulai dari Rp 50.000 hingga jutaan, tergantung dari kerumitan pengerjaan dan ukurannya.

2. Scrap frame Bisnis scrap book sudah mulai meredup, tapi tidak dengan scrap frame yang keberadaannya sedang menjadi sorotan. Scrap frame merupakan pigura yang dihias dengan aneka latar potongan gambar, foto, dan tulisan tangan yang dipadukan sedemikian mungkin sehingga menghasilakn tampilan 3D yang apik. Scrap frame memadukan kreatifitas seni menggunting dan menempel. Bisnis scrap frame ini memiliki peluang yang besar karena ada banyak orang yang menjadikannya sebagai hadiah untuk orang terdekat atau membelinya untuk sengaja dijadikan pajangan unik di rumah. Biasanya scrap frame ini dibuat berdasarkan permintaan alias menerapkan sistem PO (pre order) sehingga bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Harga jual per buahnya mulai dari Rp 50.000 hingga ratusan ribu, tergantung bahan yang digunakan.

3. Kayu lukis Melukis di atas kayu menjadi ide bisnis kreatif yang masih belum banyak dilirik tapi memiliki peminat yang sangat banyak. Melukis di atas kayu dengan menggunakan teknik tipografi atau penulisan ini biasanya diminati untuk dijadikan suvenir pernikahan karena wadah lukisannya berupa talenan, centong, tatakan mug, dan perabotan kayu lainnya. Souvenir pernikahan pastinya akan terlihat lebih unik dengan kayu lukis ini.

4. Bunga kertas artifisial Pernah melihat foto dengan background bunga-bunga kertas dalam acara lamaran, birthday party, baby shower, pernikahan, atau acara-acara pesta lainnya? Bunga kertas artificial ini sedang menjadi tren dan digandrungi banyak anak muda, tak terkecuali selebriti. Ide bisnis kreatif bunga kertas artificial ini memiliki modal yang tidak sebesar untuk membuka toko bunga karena bahan bakunya terbilang cukup murah. Meski bahan bakunya murah, tapi nilai jual bunga kertas artifisial ini cukup tinggi karena bisa bertahan lama dan tidak bisa layu. Baca juga: Kredit tanpa agunan hingga Rp 10 juta bagi pelanggan Tekomsel prabayar

5. Bantal karakter Industri kreatif selalu menghadirkan produk-produk unik yang memiliki nilai jual tinggi. Jika biasanya bantal hanya digunakan sebagai alas kepala untuk tidur, tapi sekarang bantal telah berubah makna karena bisa dijadikan sebagai dekorasi rumah, suvenir, hingga hadiah untuk orang tersayang. Bantal tidak lagi berbentuk kotak atau persegi panjang saja karena di zaman sekarang, bantal memiliki beragam bentuk seperti tokoh superhero atau tokoh animasi yang digemari anak-anak. Selain bantal karakter, Anda juga bisa melirik bisnis kreatif yang serupa yakni bantal lukis.

6. Home living products Tak ingin hanya berbisnis bantal karakter saja, Anda bisa memilih ide bisnis kreatif home living products. Bukankah banyak pesaingnya? Industri kreatif yang satu ini memang memiliki banyak pesaing, tapi jika Anda membuatnya tampil berbeda, pasti produkmu bisa bersaing dan memiliki banyak peminat. Coba untuk membuat tema tertentu seperti vintage, makrame, bohemian, industrial, dan lain sebagainya. Trik pemasarannya adalah Anda harus pintar-pintar memadukan dan menciptakan foto yang terlihat apik dipandang agar bisa menarik calon pembeli. Masih banyak lagi ide bisnis kreatif yang bisa Anda pelajari di HaloMoney.co.id untuk mendapatkan penghasilan tak terbatas. Baca di sini contoh lengkap ide bisnis kreatif untuk Anda pelajari.

Sumber:
https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/25/061700526/6-ide-bisnis-kreatif-yang-bisa-mendatangkan-banyak-rupiah-

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.