5 Pelajaran Kehidupan Ini Ternyata Disiapkan Alam Khusus untuk Dirimu

0 74

Alam memang punya beragam misteri yang menarik. Tidak hanya menawarkan keindahan, alam juga bisa berkomunikasi dengan jiwamu. Bukan secara lisan maupun tulisan, alam punya cara sendiri dalam berkomunikasi dengan dirimu.

Sadarkah kamu jika selama ini alam selalu memberikanmu pelajaran tentang kehidupan lewat cara komunikasinya yang unik. Alam menuntut dirimu untuk berpikir ketika menjalin hubungan dengan alam. Penasaran apa saja yang disampaikan alam? Berikut pelajaran hidup yang disiapkan alam khusus untuk dirimu.

1. Pohon bambu akan mengajarkanmu tentang ketangguhan dari caranya tumbuh setelah bertahun-tahun ditanam

5 Pelajaran Kehidupan Ini Ternyata Disiapkan Alam Khusus untuk Dirimu

unsplash.com/Jennifer Chen

Bambu ternyata hanya akan tumbuh setelah bertahun-tahun ditanam. Tidak seketika, namun memerlukan jangka waktu yang lama. Begitu juga dirimu yang harus tumbuh dengan tangguh meski memerlukan waktu yang lama. Kamu harus terus menguatkan akar-akarmu seperti bambu. Meski tampak tidak ada asa lagi, kamu harus tetap berjuang. Karena yakinlah setiap usahamu tidak akan pernah mengkhianati hasilnya.

2. Padi semakin berisi semakin merunduk, begitu juga kamu yang semakin berilmu harus makin rendah hati

5 Pelajaran Kehidupan Ini Ternyata Disiapkan Alam Khusus untuk Dirimu

unsplash.com/Barby Dalbosco

Rasa-rasanya hampir semua orang pernah mendengar kata pepatah satu ini. Kerap kali kita merasa sombong ataupun berpuas diri, yang membuat kita malas belajar lagi dan mendengarkan pendapat orang lain. Seharusnya kita tidak boleh berpuas diri dan berhenti belajar. Terus belajar dan berbagi, karena ilmu tidak pernah terhenti di suatu tempat.

3. Batu karang yang hancur karena paparan air terus menerus mengajarkanmu tentang makna kerja keras

5 Pelajaran Kehidupan Ini Ternyata Disiapkan Alam Khusus untuk Dirimu

unsplash.com/Breno Machado

Pernahkah kamu melihat bebatuan yang berlubang dikarenakan air? Batu sekalipun dapat hancur hanya dengan tetesan air terus menerus. Kamu adalah tetesan air yang akan mengalahkan setiap penghalang impianmu. Hanya dengan kerja keras yang konsisten, kamu pasti dapat menaklukan impianmu.

4. Bunga mawar akan mengajarkanmu tentang keindahan dibalik kekurangan, karena biar berduri dia tetap bunga yang paling indah

5 Pelajaran Kehidupan Ini Ternyata Disiapkan Alam Khusus untuk Dirimu

unsplash.com/Caroline Sleeper

Mawar tetaplah indah meskipun terdapat duri pada tubuhnya. Menghilangkan duri pada mawar malah menjadikan mawar rentan rusak dan dicabut. Sama seperti mawar, kamu tetaplah indah dengan segala kekurangan yang kamu miliki. Bisa jadi bukan kekuranganmu malah melindungimu sama seperti duri bunga mawar.

5. Belajar tentang pantang menyerah bisa dari air sungai, yang terus memaksa mengalir meski menerjang batuan

5 Pelajaran Kehidupan Ini Ternyata Disiapkan Alam Khusus untuk Dirimu

unsplash.com/kazuend

Tak peduli seberapa besar batu yang ada di hadapannya, air akan berusaha terus mengalir. “Tak menyerah” itulah pelajaran yang bisa kita tiru dari air sungai, kuat dan tabah dalam menghadapi masalah.

Itulah beberapa pelajaran kehidupan yang diajarkan alam. Masih ada banyak lagi pelajaran yang juga disiapkan alam. Jadikan hidupmu terus bermakna dan terinspirasi dari alam.

Sumber :
https://www.idntimes.com/life/inspiration/chandra-sentosa/pelajaran-hidup-dari-alam-c1c2/full

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.