5 Cara Meningkatkan Bisnis UKM Menjadi Lebih Besar

0 161

Meningkatkan bisnis UKM bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Melalui artikel ini diharapkan manfaat benar-benar dapat dirasakan dan dijadikan sebagai media untuk meningkatkan bisnis UKM. Di Indonesia perkembangan UKM masih terhambat berbagai persoalan seperti modal, manajemen keuangan sampai strategi pemasaran.

Bisnis kecil bisa berkembang semakin besar, bila dikelola dengan tepat. Sayangnya pengelola bisnis kerap menganggap remeh faktor penting guna perkembangan bisnisnya
Mereka kurang disiplin dalam bekerja, mencampur uang bisnis dan pribadi, tidak mempunyai standarisasi kerja dan lain sebagainya.

Layaknya sebuah perusahaan besar, anda seharunya mempunyai manajemen keuangan yang baik dan kinerja tinggi supaya bisnis anda cepat berkembang menjadi bisnis yang lebih besar

1. Rancang rencana bisnis yang tepat

Pebisnis biasanya enggan membuat rencana bisnis, karena beranggapan terlalu merepotkan. Sehingga bisnis yang dilakukan tidak terarah yang berakibat pada pemborosan uang, waktu dan energi. Padahal membuat rencana bisnis atau business plan tidaklah sulit. Pengaruhnya juga sangat besar terhadap bisnis yang anda jalankan. Anda bisa menggambarkan pola bisnis yang dijalani, menganalisis potensi pasar, memantau kompetitor bisnis, strategi pemasaran produk, optimalisasi sumber daya manusia, mengontrol arus finansial dan faktor lain bisa pantau dengan rencana bisnis yang telah anda rancang. Tentukan juga target jangka, menengah dan jangka panjang serta tujuan atau goal yang harus anda capai.

2. Ciptakan Standard Operating Prosedur

Standard Operating Procedure atau SOP juga dibutuhkan dalam bisnis UKM. Layaknya perusahaan waralaba, anda harus mampu menciptakan standarisasi kerja. Tujuannya untuk menjaga kualitas produk tetap baik. Sebenarnya semakin kecil usaha anda, SOP sangat mudah diaplikasikan. Karena semakin mudah dalam mengontrolnya,Bila cara ini telah diterapkan dari kecil, bila bisnis anda berkembang lebih pesat maka SOP akan semakin mudah dilakukan. Hal ini karena anda dan karyawan telah terbiasa menjalankan pola SOP dengan benar.SOP akan merangkum segala ketentuan mulai dari proses produksi dan pemasaran yang tepat. SOP bisa saja berubah-ubah melihat kondisi bisnis anda. Semakin cermat dalam memantau bisnis anda, semakin banyak pembenahan yang bisa anda terapkan.

3. Segmentasi pasar.

Dalam merancang suatu produk, UKM harus menjalankan segmentasi pasar.Cara ini yang juga dilakukan usaha-usaha besar dalam mempersiapkan produknya. Sebuah produk atau jasa, harus membidik pasar tertentu agar manfaat dari sebuah produk bisa maksimal dirasakan konsumen. Sebab, tiap market punya kebutuhan yang berbeda. Dengan melakukan segmentasi pasar,usaha kecil menengah bisa lebih mengoptimalkan setiap produk yang dikeluarkannya.

4. Peningkatan kapasitas informasi teknologi (IT)

Merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan bagi usaha kecil dan menengah dan hal tersebut juga dapat menumbuh-kembangkan roda usaha. Perkembangan informasi teknologi sudah bergerak sangat cepat, baik dari sisi perangkat keras (Hardware) maupun perangkat lunak (software) yang dapat membantu kinerja perusahaan. Saat ini telah banyak perangkat lunak yang dikembangkan agar dapat membantu proses bisnis dengan melakukan penyimpanan informasi atau data dari aktivitas yang telah terjadi pada suatu perusahaan.
Pada dasarnya penunjang pengambilan keputusan didasari oleh informasi atau data yang telah diolah sedemikian rupa. Informasi atau data memegang peran yang sangat penting dalam suatu perusahaan untuk mengetahui kegiatan apa yang telah terjadi dengan perusahaannya, melakukan evaluasi apakah kegiatan yang dilakukan telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan menjamin agar data tersebut dapat diolah secara efisien menjadi informasi yang akurat, dapat dipercaya dan tepat waktu maka dalam pengolahan data tersebut diperlukan suatu alat yang dinamakan sistem informasi.

5. Media internet.

Sebelumnya, saya ingin menegaskan betapa pentingnya internet bagi usaha kecil menengah Indonesia.

Secara garis besar, dengan internet :

1. usaha kecil menengah Indonesia bisa mengembangkan jaringan bisnisnya ke pelosok
nusantara, atau bahkan dunia

2. usaha kecil menengah Indonesia bisa mempromosikan bisnis dan usahanya, dengan
biaya murah namun memiliki efektifitas yang luar biasa.

3. usaha kecil kecil menengah Indonesia bisa mengembangkan usaha dan bisnisnya,dengan mendapatkan mitra secara online
Situs Internet ini sangatlah berguna dalam hal pemasaran, di mana melalui situs internet ini para pengusaha UKM memiliki keuntungngan yang lebih karena dengan internet ini, segala sesuatunya lebih efektif dan juga efisien, sebagai contoh periklanan dan juga transport dapat lebih diminimize.

Demikianlah Artikel ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas, dimengerti, dan lugas.Karena kami hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan Sekian penutup dari kami semoga dapat diterima di hati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Sumber :
https://zahiraccounting.com/id/blog/5-cara-meningkatkan-bisnis-ukm-menjadi-lebih-besar/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.