16 Contoh Industri Kreatif di Indonesia Paling Diminati

0 59

Jurnal Manajemen – Sektor  industri kreatif diprediksi akan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia di masa yang akan datang. Sebab, Indonesia tidak akan selamanya bergantung pada eksploitasi sumber daya alam yang jumlahnya semakin terbatas. Kekuatan industri kreatif lebih bergantung kepada keunggulan sumber daya manusia. Berbagai ide kreatif  seperti karya seni, arsitektur, buku, inovasi teknologi  dan animasi akan mendorong lahirnya jenis usaha industri kreatif.

Pemerintah saat ini sedang berusaha untuk mendorong perkembangan industri kreatif di Indonesia  dan terus menerus memperbaiki kebijakan mengingat pentingnya industri kreatif dalam kontribusinya untuk  pertumbuhan perekonomian. Seiring dengan kemajuan teknologi,  sektor  industri kreatif Indonesia mempunyai potensi yang  sangat terbuka luas untuk digarap dan dikembangkan oleh para pelaku usaha, meskipun mensyaratkan harus mempunyai  kreativitas tinggi.

Kontribusi Konsep Industri Kreatif

Konsep industri kreatif  yang mengutamakan kreativitas dan informasi Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi ini telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian.  Sebagai contoh, kontribusi yang disumbangkan oleh industri kreatif di beberapa negara seperti Singapura dan Inggris berkisar antara 2,8% sampai dengan 7,9% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).  Selain itu, tingkat pertumbuhan industri kreatif di Inggris dan Australia berkisar antara 5,7% dan 16%, dan tingkat penyerapan tenaga kerja di Singapura dan US antara 3,4% sampai dengan 5,9% (Studi Industri Kreatif Indonesia, 2007).

Di Indonesia pada tahun 2015, industri  kreatif memberikan kontribusi sebesar 7,39% terhadap PDB atau sebesar Rp852,56 triliun. Pada tahun 2016 kontribusinya meningkat tipis sebesar 7,44% terhadap PDB atau sebesar Rp922,59 triliun.

Apa saja yang Masuk ke Dalam Industri Kreatif ?

Yang dimaksud industri kreatif adalah jenis industri yang fokus pada kreatifitas, ketrampilan, bakat  dan inovasi seseorang untuk menghasilkan produk atau karya yang bernilai ekonomi, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan menambah lapangan pekerjaan.

Dalam memahami hubungan kreativitas dengan industri kreatif, maka kreativitas bukan hanya berasal dari karya seni, tetapi juga berasal dari ilmu pengetahuan, teknologi, inovasi dan teknologi informasi.

contoh industri kreatif
contoh industri kreatif

Pengertian Industri Kreatif

Menurut Wikipedia, industri kreatif diartikan  sebagai kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Industri kreatif dikenal juga dengan nama lain Industri Budaya atau juga Ekonomi Kreatif (Wikipedia).

Pengertian Industri Kreatif Menurut Para Ahli

  1. UK DCMS (1998)

Industri kreatif adalah industri yang berasal dari kreativitas, ketrampilan dan bakat seseorang yang secara potensial mampu untuk menciptakan kekayaan dan lapangan pekerjaan melalui eksploitasi dan pembangkitan daya cipta dan kekayaan intelektual individu tersebut.

  1. Howkins (2001)

Industri  kreatif adalah industri yang mempunyai ciri-ciri keunggulan pada sisi kreativitas untuk menghasilkan berbagai desain kreatif yang melekat pada produk atau jasa yang dihasilkan.

  1. Institute For Development Economy and Finance (2005)

Industri kreatif adalah proses peningkatan nilai tambah hasil yang berasal dari eksploitasi kekayaan intelektual berupa kreativitas, keahlian dan bakat individu menjadi suatu produk yang dapat dijual.

  1. Simatupang (2007)

Industri kreatif adalah industri yang mengandalkan ketrampilan, talenta dan kreativitas yang berpontensi untuk meningkatkan kesejahteraan

  1. Departemen Perdagangan Republik Indonesia (2008)

Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, ketrampilan dan bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

  1. UNCTAD (2010)

Industri kreatif dapat didefinisikan sebagai konsep yang berkembang berdasarkan aset kreatif yang berpotensi menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi.

Ciri-Ciri Industri Kreatif

Industri kreatif mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Unsur utamanya kreativitas, keahlian, dan talenta yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan melalui penawaran kreasi intelektual.
  2. Berbasis pada ide atau gagasan.
  3. Produk yang dihasilkan merupakan produk kreatif yang mempunyai siklus hidup singkat, resiko tinggi,  margin yang tinggi, keanekaragaman tinggi, persaingan tinggi, dan mudah ditiru.
  4. Penyediaan produk kreatif langsung pada pelanggan dan mendukung penciptaan nilai kreatif sektor lain yang secara tidak langsung berhubungan dengan pelanggan.
  5. Dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi yang baik antara berbagai pihak yang berperan dalam industri kreatif, seperti kaum intelektual, dunia usaha, dan pemerintah.
  6. Industri kreatif dapat dikembangkan secara luas dan tidak terbatas di berbagai bidang usaha.
  7. Konsep yang dibangun bersifat relatif.
industri kreatif indonesia
industri kreatif indonesia

Manfaat Industri Kreatif

Memasuki era digital, peluang industri kreatif semakin menemukan titik cerah. Besarnya perhatian masyarakat akan sesuatu yang unik, berbeda, dan menarik, tentunya menjadi segmentasi tersendiri.

Berikut adalah manfaat-manfaat industri kreatif yang akan memberikan perubahan besar dan solusi paling aktual, antara lain :

  • Inovasi Baru Semakin Berkembang dengan Cepat

Inovasi baru diciptakan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup dan membuat kehidupan menjadi  lebih mudah dan praktis. Seiring kemajuan teknologi khususnya dalam bidang internet, maka semakin memudahkan berkembangnya  ide dan gagasan inovatif yang hasilnya membuat masyarakat lebih mudah, praktis dan cepat dalam memenuhi kebutuhan. Contoh yang sekarang sedang terjadi adalah 

cukup menggunakan smartphone kita bisa memesan ojek, taxi, makanan, pesan tiket, hotel bahkan belanja secara online.

  • Membuka dan Menambah Lapangan Kerja

Produk-produk inovatif banyak bermunculan dengan adanya industri kreatif yang akan membuka pasar baru dalam berbisnis, sehingga terciptalah lapangan kerja baru yang secara otomatis mengurangi angka pegangguran. Pastinya ini akan menyediakan banyak lapangan kerja bagi masyarakat,  apalagi kalau didukung oleh pemerintah dalam penyediaan tempat dan sarana serta kebijakan yang baik.

  • Nilai dan Kualitas Suatu Produk semakin Meningkat

Kemudahan dan kecepatan akses informasi  untuk menjangkau masyarakat saat ini memunculkan berbagai ide kreatif untuk menghasilkan produk inovatif yang mempunyai nilai dan kualitas semakin baik.  Semakin banyaknya persaingan dan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan produk yang aman dan berkualitas maka semakin banyak juga inovasi yang dilakukan di dalam produk untuk menghasilkan kualitas yang prima.

  • Manusia Dituntut Semakin Kreatif

Jika tidak kreatif dengan adanya  industri kreatif maka manusia tersebut akan ketinggalan jaman.

Manusia akan berusaha lebih keras menemukan ide baru yang lebih unik dan berbeda dengan yang lain agar dapat bersaing di dunia bisnis semakin ketat kompetisinya . Dengan demikian manusia sekarang harus lebih kreatif untuk memenuhi kebutuhan agar tidak tertinggal dengan yang lain.

Kemajuan teknologi yang  memungkinkan  akses informasi lebih cepat, membuat orang semakin cepat mendapatkan informasi, mengetahui perkembangan dunia,  dan melihat masalah-masalah yang ada di dunia serta  kemajuan teknologi lainnya.

Dengan adanya akses yang mudah dan semakin cepat seperti ini akan melahirkan manusia-manusia yang lebih kreatif dalam melihat dan memberikan sebuah solusi yang dibutuhkan masyarakat.

  • Persaingan yang Kompetitif dan Masuk Akal

Para pelaku bisnis akan selalu berusaha agar bisa menghasilkan produk yang menjadi market leader. Banyak pula lahir pebisnis baru dalam menciptakan produk-produk kreatif dan inovatif.  Mereka harus bisa memahami trending kebutuhan masyarakat yang sedang berkembang, serta mampu menganalisis segala kemungkinan yang terjadi dalam menjual produk atau jasa mereka.

Mereka harus bisa bersaing secara sehat dengan para kompetitor dengan menawarkan keunggulan dan keunikan produk atau jasa mereka kepada masyarakat.  Sehingga persaingan usaha menjadi kompetitif secara alami.

  • Pertumbuhan Ekonomi

Industri kreatif  saat ini menjadi sektor ekonomi yang semakin berkembang serta memiliki peranan penting. Industri kretif banyak melahirkan bidang usaha baru. Bidang usaha tersebut yang akhirnya berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, mulai peningkatan nilai tambah, penyerapan tenaga kerja, jumlah perusahaan, hingga pasar ekspor. Sehingga dapat memberikan dampak sosial paling luas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

16 Contoh Industri Kreatif di Indonesia

Pemerintah Indonesia melalui Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif)  telah mengelompokkan industri kreatif menjadi 16 sub sektor yang menjadi fokus untuk dikelola dan dikembangkan. Ke 16 sub sektor tersebut adalah aplikasi dan pengembangan permainan, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion,  film, animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio.

  1. Aplikasi dan Pengembang Permainan

Meningkatnya penggunaan smartphone  beberapa tahun terakhir ini memicu perkembangan aplikasi dan game berbasis smartphone. Saat ini masyarakat sudah sangat dimudahkan dan dimanjakan dengan beragam aplikasi dan permainan yang ada dalam smarthphone. Hal ini mendorong munculnya perusahaan-perusahaan start up  pengembang aplikasi dan permainan. Aplikasi-aplikasi tersebut didesain dengan tujuan mempermudah pengguna dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Meskipun potensi subsektor aplikasi dan pengembang permainan sangat besar, tapi masih menghadapi berbagai tantangan karena ekosistemnya  belum terbangun secara maksimal. Pemerintah perlu mendorong  munculnya lebih banyak inkubator pengembang aplikasi dan permainan, memproteksi para pengembang lokal, memasukkan unsur-unsur aplikasi dan permainan ke dalam dunia pendidikan dan membantu mereka dalam mempromosikan karya-karyanya.

1. game
1. game
  1. Arsitektur

Arsitektur memiliki peran yang sangat penting dari segi  kebudayaan dan pembangunan. Dari segi budaya, arsitektur lokal menunjukkan karakter bangsa Indonesia yang beraneka ragam budayanya.

Dari segi pembangunan, arsitektur berperan dalam perancangan pembangunan sebuah kota.

Salah satu tantangan sub sektor arsitektur saat ini adalah kurangnya arsitek di Indonesia dan para pengembang besar lebih banyak menggunakan jasa arsitek asing daripada arsitek lokal.

Arsitektur berperan  penting dalam pengembangan industri nasional yang sedang bergeser dari raw-based economy menjadi knowledge-based economy. Para arsitek lokal sekarang sudah mulai melakukan  inovasi produk arsitektur yg menyiratkan karakter budaya dan kearifan lokal.

2. arsitektur kompasiana
2. arsitektur kompasiana
  1. Desain Interior

Sub sektor desain interior selama dua dekade terakhir ini menunjukkan perkembangan yang sangat pesat, yang ditandai dengan meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap bidang ini. Penggunaan jasa desain interior untuk merancang interior hunian, hotel hingga perkantoran pun semakin meningkat. 

Beberapa hal yang masih perlu mendapat perhatian dalam sub sektor ini, antara lain proteksi terhadap para pelaku desain interior di pasar domestik, sertifikasi untuk standarisasi dan perlindungan hak cipta serta event atau pameran berskala internasional secara rutin.

3. desain interior
3. desain interior
  1. Desain Komunikasi Visual / Desain Grafis

Desain Komunikasi Visual atau desain grafis mempelajari konsep komunikasi dengan memanfaatkan elemen visual sebagai cara untuk mencapai tujuan tertentu. Ini merupakan bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi  seefektif mungkin.

Sub sektor desain komunikasi visual  memiliki peran sangat penting dalam mendukung pertumbuhan bisnis, pemilik merek, bahkan program-program pemerintah.

Agar mampu bersaing baik di dalam negeri maupun internasional, beberapa program dilakukan dengan cara  mempromosikan serta mempublikasikan hasil karya sub sektor ini, membuat regulasi supaya para desainer lokal mendapatkan prioritas untuk mengerjakan proyek perusahaan domestik daripada para desainer luar, terutama setelah kesepakatan MEA diberlakukan.

4. desain grafik
4. desain grafik
  1. Desain Produk

Hasil kreasi sebuah produk yang menggabungkan unsur fungsi dan estetika sehingga bermanfaat dan memiliki nilai tambah bagi masyarakat merupakan lingkup sub sektor desain produk.

Desain produk memiliki tren yang sangat positif karena apresiasi masyarakat saat ini semakin tinggi terhadap produk berkualitas.

Beberapa pendekatan yang bisa dilakukan untuk subsektor desain produk antara lain dengan mengelola industri dari hulu ke hilir, bekerja sama dengan berbagai asosiasi untuk meningkatkan penggunaan desain produk lokal, dan mendirikan pusat desain sebagai hub lintas subsektor. Sedangkan untuk jangka panjang, perlu adanya undang-undang atau peraturan yang mrngatur agar setiap retail dan mall menjual minimal 20-30% produk-produk lokal.

5. desain produk brilio
5. desain produk brilio
  1. Fashion

Sub sektor fashion sangatlah dinamis. Perkembangan trend fashion di Indonesia, tidak terlepas dari inovasi dan Produktivitas para desainer lokal dan peristiwa pada masa perkembangan dunia fashion Indonesia. Masyarakat saat ini juga mempunyai apresiasi yang semakin baik terhadap desain fashion lokal.

Pemerintah melalui Bekraf akan mengeluarkan kebijakan untuk mendorong penggunaan fashion karya desainer dalam negeri, melancarkan ketersediaan bahan baku, dan promosi produk-produk fashion dalam negeri di pasar domestik maupun global.

6. fashion
6. fashion
  1. Film, Animasi dan Video

Industri perfilman Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang positif.  Hal ini terlihat dari banyaknya film lokal yang menghiasi layar bioskop Indonesia. Rumah-rumah produksi mulai berlomba-lomba memproduksi film berkualitas yang menguntungkan secara komersial. Penonton Indonesia juga mengapresiasi film produksi lokal secara positif.

7. animasi
7. animasi
  1. Fotografi

Perkembangan industri fotografi saat ini sangat pesat yang ditandai dengan banyaknya profesional muda di bidang fotografi.  Diperlukan program sertifikasi terhadap para fotografer agar ada standar yang jelas terhadap profesi fotografer. Selain itu juga sekaligus memfasilitasi perlindungan hak kekayaan intelektual  terhadap karya-karya fotografi lokal.

8. kelasfotografi
8. kelasfotografi
  1. Kriya / Kerajinan Tangan

Seni kriya merupakan kegiatan seni yang menitik-beratkan kepada keterampilan tangan dengan tetap memperhatikan aspek fungsional dan estetika nilai seni itu sendiri, yang meliputi segala kerajinan yang berbahan kayu, logam, kulit, kaca, keramik dan tekstil.

Sub sektor kriya semakin berkembang karena ketersediaan bahan baku yang melimpah dan kreativitas para pelakunya.

9. kerajinan tangan
9. kerajinan tangan
  1. Kuliner

Sub sektor kuliner mempunyai potensi yang sangat kuat untuk berkembang. Dbuktikan sektor ini memberikan kontribusi yang cukup besar, yaitu 30% dari total pendapatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Contoh industri kreatif kuliner yang saat ini sedang berkembang adalah munculnya wisata kuliner. Wisata kuliner ini merupakan perpaduan menikmati suatu makanan sambil berwisata, dengan memanfaatkan waktu ke tempat-tempat yang menyediakan makanan khas daerah tertentu.

Terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki dan dikelola secara lebih serius. DIantaranya adalah akses perizinan usaha satu pintu, panduan dan pelatihan bisnis, informasi perizinan, hingga pendampingan hukum dalam proses pendirian usaha.

10. kuliner tribunnews
10. kuliner tribunnews
  1. Musik

Industri musik merupakan industri yang cukup menjanjikan. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya minat dan antusiasme para musisi muda untuk terjun ke dalam bidang ini. Saat ini semakin banyak platform pembelian musik digital yang murah dan mudah sehingga mengurangi aksi pembajakan.

11. musik
11. musik
  1. Penerbitan

Perkembangan teknologi yang memungkinkan diterbitkan buku dan majalah dalam bentuk digital turut berperan dalam membangun kekuatan intelektualitas bangsa

Meskipun profesi penulis saat ini masih dianggap kurang menjanjikan, banyak penulis muda yang sangat antusias, kreatif dan silih berganti menerbitkan karya-karyanya.

12. penerbitan
12. penerbitan
  1. Periklanan

Potensi industri periklanan  tidak perlu diragukan lagi. Iklan mempunyai kekuatan dalam membentuk pola konsumsi, pola berpikir  dan pola hidup masyarakat.  Pertumbuhan belanja iklan nasional rata-rata mencapai 5-7% setiap tahunnya. Periklanan merupakan sub sektor yang memiliki daya sebar paling tinggi. Hal ini tidak terlepas karena para pelaku usaha yang semakin giat memasarkan produknya. Liihat Contoh Iklan Menarik.

13. periklanan
13. periklanan
  1. Seni Pertunjukan

Banyaknya jumlah seni pertunjukan di Indonesia baik tradisional maupun kontemporer yang selama ini dikreasikan, dikembangkan, dan dipromosikan, telah mendapatkan apresiasi dunia internasional.

Pemerintah perlu memfasilitasi pembangunan gedung atau tempat pertunjukan yang representatif dan bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat.

14. pertunjukkan kentongan
14. pertunjukkan kentongan
  1. Seni rupa

Di bidang seni rupa, Indonesia mempunyai potensi terbesar baik secara kualitas, kuantitas, pelaku kreatif, produktivitas, maupun potensi pasarnya. Jaringan seni rupa Indonesia juga sangat kuat, baik dalam negeri maupun di luar negeri.

15. seni rupa
15. seni rupa
  1. Televisi dan Radio

Meskipun arus informasi digital kian masif, keberadaan televisi dan radio saat ini masih menunjukkan eksistensinya.  Hampir semua lapisan masyarakat bisa mengakses teknologi ini. Program sub sektor ini perlu didukung dengan adanya program-program acara yang berkualitas, pembentukan SDM berkualitas dan segala hal yang berkaitan dengan kreativitas dalam sub sektor ini.

Itulah sub sektor industri kreatif dan contohnya yang sangat berperan dalam membantu meningkatkan perekonomian nasional.

16. TV
16. TV

Industri Kreatif Digital

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dan cepat saat ini, mengakibatkan  pertumbuhan dan perkembangan industri kreatif digital. Pertumbuhan dan perkembangan menunjukkan pergerakan yang pesat pula.

Industri kreatif digital adalah bagian dari industri kreatif  yang menggabungkan unsur  digital dan unsur kreatif  pada produk dan jasanya. Industri kreatif digital mengembangkan sebuah kreativitas dan daya cipta dari seseorang yang digabungkan dengan unsur digital. Perpaduan tersebut guna membentuk suatu inovasi terbaru guna memberikan solusi terbaik untuk suatu permasalahan.

Beberapa sub sektor industri kreatif yang tergolong dalam industri kreatif digital adalah sub sektor film, game, aplikasi/software, music dan periklanan.  Industri kreatif digital yang saat ini mengalami pertumbuhan yang pesat adalah e-commerce, ojek dan taxi online.

Demikian materi singkat tentang industri kreatif, semoga bermanfaat.

Sumber : https://jurnalmanajemen.com/industri-kreatif/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.