11 Manfaat Kultur Jaringan Bagi Manusia Dalam Pertanian

0 39

Kultur jaringan merupakan cara membudidayakan sebuah jaringan pada tanaman untuk membuat tanaman yang baru dengan sifat sama seperti induknya. Setiap sel pada tumbuhan memiliki sifat totipotensi yakni kemampuan yang dimiliki tumbuhan untuk menjadi tanaman yang baik dan sempurna apabila ada di lingkungan yang cocok. Kemampuan tersebut yang dikembangkan menjadi dasar dalam teknik kultur jaringan.

Jika diartikan setiap kata, kultur memiliki arti budaya dan jaringan merupakan kumpulan sel yang memiliki bentuk dan juga kegunaan sama, sehingga kultur jaringan bermakna budidaya sebuah jaringan tumbuhan untuk menjadikan tanaman baru dengan sifat serupa dengan induknya. Untuk proses budidaya tanaman ini dilakukan dalam sebuah wadah atau kontainer serta alat yang sudah disterilkan bernama invitro. Sementara jenis tanaman yang di reproduksi lewat kultur jaringan biasanya merupakan tanaman yang mempunyai nilai jual tinggi seperti tembakau, anggrek, kopi, karet dan juga coklat. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai teknik serta manfaat kultur jaringan secara lengkap untuk anda.

Artikel terkait:

  • Manfaat Air Dalam Bidang Pertanian
  • Manfaat Tanah Vulkanik
  • Manfaat Matahari Untuk Petani

Teknik Kultur Jaringan

Dalam pengembangannya, kultur jaringan ini dilakukan dengan memakai beberapa metode yang berbeda-beda, seperti pada ulasan dibawah ini.

  • Meristem Culture: Merupakan budidaya jaringan yang memakai eks plandari jaringan masih muda atau meristem.
  • Protoplas Culture: Merupakan budidaya jaringan yang memakai eksplan dari protoplas.
  • Pollen Culture / Anther Culture: Budidaya jaringan yang memakai eksplan dari pollen atau benang sari.
  • Chloroplas Culture: Budidaya jaringan yang memakai kloropas sebagai kebutuhan fungsi protoplas.
  • Somatic Cross: Budidaya jaringan yang dilakukan dengan menyilangkan 2 macam protoplas lalu dibudidayakan menjadi tanaman kecil dengan sifat yang baru.

Tahap Proses Kultur Jaringan

  1. Membuat media: Media menjadi faktor penting dalam kultur jaringan yakni berupa vitamin, garam mineral atau hormon dan harus dalam keadaan steril. Media ini llau ditempatkan dalam tabung reaksi dan dipanaskan dengan autoklaf.
  2. Inisiasi: Proses pengambilan eskplan tanaman yang akan dikultur dengan sumber yang sudah memenuhi kriteria seperti varietas, jenis, terbebas dari penyakit, spesies dan sebagainya dan bagian yang sering dipakai adalah tunas.
  3. Sterilisasi: Dilakukan pada tempat yang steril yakni laminar flow dan menggunakan alat yang juga sudah disterilkan dengan menyemprotkan etanol pada peralatan dan orang yang menjalankan juga harus dalam keadaan steril.
  4. Multiplikasi: Kegiatan memperbanyak calon tanaman baru dengan menanam eksplan yang sudah dipilih ke media dan dilakukan pada laminar flow.
  5. Pengakaran: Fase eskplan akan membentuk pucuk dan akar tanaman baru yang kuat dan bisa bertahan hidup saat dipindahkan.
  6. Aklimatisasi: Tahap pemindahan eksplan ke lingkungan in vitro menuju ke lingkungan luar yang dilakukan secara bertahap yanki memberikan sungkup lalu dilepas saat tanaman baru sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan luar.

Manfaat Teknik Kultur Jaringan

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan teknik kultur jaringan pada tanaman khususnya pada tanaman langka dan sulit dibudidayakan.

  1. Hemat Biaya dan Waktu

Keuntungan pertama dalam menerapkan kultur jaringan adalah lebih hemat dalam anggaran dan juga waktu yang dibutuhkan untuk menanam. Ini bisa terjadi karena dengan memakai teknik tersebut, sistem kekebalan tanaman juga semakin meningkat sehingga bisa lebih tahan terhadap banyak penyakit tanaman yang disebabkan jamur, virus dan juga bakteri.

  1. Meningkatkan Produktifitas Tanaman

Kelebihan kultur jaringan berikutnya adalah membantu dalam meningkatkan sekaligus mempertahankan produktifitas tanaman yang akan menghasilkan produk pertanian semaksimal mungkin.

Artikel terkait:

  • Manfaat Irigasi
  • Manfaat Padi
  • 20 Manfaat Belajar Ilmu Biologi Bagi Kehidupan Manusia
  1. Memperbanyak Produksi Bahan

Kultur jaringan juga akan sangat membantu dalam produksi bahan dengan memakai sistem akar yang merupakan sistem ideal dalam proses penyerapan nutrisi pada tanaman.

  1. Dapat Tumbuh Pada Media Tanam Sama

Teknik ini juga membuat tanaman bisa tumbuh pada media tanam yang sama sebab jaringan dari tanaman yang sudah dikembangkan tersebut memang berasal dari lingkungan yang sudah disterilkan sehingga membuat tanaman bisa tumbuh dengan lingkungan yang sudah dipersiapkan sesuai dengan jenis tanaman tersebut.

  1. Penggandaan Tanaman Lebih Mudah

Manfaat lainnya yang bisa diperoleh dengan menggunakan kultur jaringan adalah penggandaan atau proses memperbanyak tanaman satu dengan yang lain akan berjalan lebih mudah dan semakin terasa jika digunakan pada tanaman yang harus menghasilkan benih terlebih dulu sebelum bisa berkembang biak.

  1. Hasil Tanaman Lebih Banyak

Menerapkan teknik ini juga akan menghasilkan tanaman baru dalam jumlah yang sangat banyak akan tetapi waktu yang digunakan terbilang singkat dan hasil tanaman baru yang didapat akan sama persis dengan indukan tanaman tersebut.

  1. Ukuran Buah Sama

Kelebihan dari teknik kultur jaringan yang digunakan pada tanaman buah adalah tanaman tetap bisa menghasilkan buah dengan rasa dan ukuran yang sama dengan tanaman induknya.

  1. Menghasilkan Varietas Unggulan

Dalam bidang pertanian, kultur jaringan juga akan memberikan varietas tanaman baru yang lebih unggul. Perlu diketahui jika menghasilkan tanaman yang bagus dan seragam bukanlah hal mudah untuk dilakukan dan dengan memakai kultur jaringan ini, maka proses penggandaan tanaman bisa berlangsung lebih cepat dan hebatnya lagi juga bisa dikerjakan siapa saja.

Sumber : https://manfaat.co.id/manfaat-kultur-jaringan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.