10 Manfaat Wakaf Bagi Masyarakat, Diri Sendiri dan Orang Lain

0 4

Apakah Anda pernah mendengar tentang istilah wakaf? Manfaat memeluk agama islam akan sangat dekat dengan istilah ini. Wakaf sering digambarkan dengan sebuah bentuk tanah yang digunakan untuk membangun atau mendirikan bangunan yang biasanya digunakan untuk beberapa sarana seperti sarana fasilitas keagamaan, kesehatan dan kepentingan lain.

Pengertian Wakaf

Istilah wakaf sebenarnya berasal dari bahasa Arab yaitu “waqafa” yang berarti berhenti atau menahan. Pengertian wakaf menjadi lebih bervariasi karena didasarkan pada kategori pengertian yang umum maupun yang khusus. Berikut ini adalah beberapa pengertian wakaf di lihat dari beberapa sudut pandang dalam islam :

manfaat-wakaf
  • Imam Nawawi, mendeskripsikan bahwa wakaf adalah sebuah benda yang manfaatnya ditujukan untuk banyak orang dengan status bahwa benda tersebut tetap menjadi miliknya. Tujuan wakaf dalam istilah ini sebagai usaha untuk mendekatkan hubungan antara Allah dengan orang yang berniat memberikan wakaf.
  • Syaikh Umairah, mengatakan bahwa wakaf adalah memberikan sebagian harta kepada golongan tertentu dan dipergunakan sesuai dengan ijin yang telah diberikan oleh pemiliknya. Pemakaian wakaf hanya sebatas ijin dari pemiliknya dan harus persetujuan pemiliknya.
  • Imam Syarkhasi, mengatakan bahwa wakaf adalah menghentikan beberapa harta tertentu dari status kepemilikan orang lain.

Menurut peraturan Perundang-undangan no 41 (tahun 2004) disebutkan bahwa wakaf adalah sebuah kesepakatan antara pemilik harta benda yang diberikan kepada sebuah golongan untuk digunakan dengan aturan waktu tidak terbatas atau sesuai batasan tertentu. Pemakaian wakaf harus sesuai dengan tujuan yang telah disepakati seperti untuk mendirikan bangunan tempat ibadah atau kepentingan lain yang berhubungan dengan ibadah atau kepentingan agama.

Tujuan wakaf adalah memberikan sebagian atau seluruh harta benda kepada golongan tertentu atau ahli yang sudah ditunjuk yang digunakan untuk kepentingan umum atau untuk masyarakat secara luas. Berikut ini adalah manfaat wakaf yang dilihat secara umum :

  1. Menimbulkan jiwa sosial yang tinggi. Wakaf seperti manfaat sedekah yang bisa menjadi salah satu sarana untuk melatih jiwa sosial sehingga yang memiliki harta benda lebih banyak bisa memberikan kepada yang kaum yang tidak mampu.
  2. Membantu orang lain yang mendapatkan kesulitan. Manfaat wakaf yang diberikan kepada seseorang yang memiliki kesulitan, misalnya berupa manfaat tanah yang diberikan untuk orang yang kesulitan dan keadaan yang payah sehingga tidak memiliki tempat tinggal.
  3. Membuat seseorang menjadi sadar bahwa semua harta benda yang dimiliki bersifat tidak kekal. Manfaat agama dalam kehidupan manusia dalam ini, berhubungan dengan harta yang kita miliki juga harus dibagi dengan orang lain atau ada sebagian hak orang lain dalam harta kita.
  4. Wakaf berhubungan bahwa untuk mendapatkan kehidupan akherat yang kekal bisa diselamatkan dari kehidupan saat masih ada di dunia. Manfaat wakaf bisa menjadi bekal untuk mendapatkan kehidupan akherat yang lebih baik.
  5. Amalan wakaf yang tidak terputus meskipun sudah meninggal dunia menjadi salah satu sarana amalan yang bisa membuat manusia selamat di dunia dan akherat.
  6. Wakaf juga bermanfaat untuk membantu masyarakat untuk mendapatkan kehidupan dan sarana yang lebih baik. Wakaf bisa digunakan untuk mendirikan atau membuat fasilitas yang umum sehingga bermanfaat untuk umum. Hal ini seperti manfaat qurban yang membantu masyarakat kurang mampu, agar mendapatkan asupan gizi daging yang sehat.
  7. Wakaf yang dijalankan bisa mencegah perselisihan dalam masyarakat. Adanya masalah kesenjangan sosial terkadang membuat beberapa masyarakat merasa iri atau ingin memiliki harta yang sama. Hal ini tentu tidak bisa didapatkan karena Tuhan telah memberikan rejeki dengan ukuran dan takaran yang berbeda. Wakaf menjadikan manfaat hidup rukun antara masyarakat antara orang kaya dan miskin terjalin dan berjalan seimbang.
  8. Wakaf mempererat tali persaudaraan. Hubungan masyarakat antara orang yang kaya dan miskin biasanya akan mengalami kesenjangan karena perbedaan derajat yang masih dipandang oleh masyarakat. Ketika orang yang kaya memberikan wakaf untuk digunakan secara umum maka orang yang kekurangan juga bisa merasakan sarana secara umum. Tindakan ini dapat membuat hubungan masyarakat yang lebih harmonis. Hal ini juga diajarkan dalam islam yakni dalam manfaat zakat
  9. Manfaat wakaf membuat orang yang sedang kesulitan bisa keluar dari masalah. Mengelola wakaf sesuai dengan manfaat yang sudah disepakati akan membuat golongan atau masyarakat tertentu memiliki beban yang lebih ringan.
  10. Wakaf mendorong pembangunan di semua bidang ilmu. Wakaf telah meningkatkan pembangunan di segala bidang sesuai dengan tujuan pemakaian wakaf. Wakaf banyak digunakan untuk mendirikan beberapa sarana yang digunakan dalam jangka waktu yang panjang seperti asrma sekolah, sekolah, yayasan pendidikan atau fasilitas lain.
  • Macam-Macam Wakaf

Dalam ilmu agama Islam yang mempelajari tentang wakaf atau berdasarkan ilmu fiqih, maka wakaf terbagi menjadi dua macam kategori. Berikut ini adalah kategori wakaf yang didasarkan pada ilmu yang terus diwariskan.

a. Wakaf Umum

Wakaf umum adalah salah satu jenis wakaf yang bertujuan untuk kepentingan umum. Sejumlah harta benda yang yang telah diberikan oleh pemberi wakaf (wakif) akan digunakan untuk membuat fasilitas umum seperti jalan umum, tempat kesehatan, balai masyarakat.

Tujuan pemberian wakaf ini adalah untuk mendapatkan pahala yang tidak terputus amalnya. Pemakaian harta yang sudah diwakafkan bisa digunakan untuk beberapa bidang misalnya bidang kesehatan, transportasi, ekonomi, keagamaan dan bidang lain yang sesuai dengan tujuan masyarakat tertentu.

b. Wakaf Khusus

Wakaf khusus adalah harta benda yang diberikan secara khusus kepada garis keturunan atau penerima wakaf yang sudah ditunjuk sebelumnya. Biasanya pemberiaan harta wakaf ini akan dilakukan terus menerus sesuai dengan garis keturunan. Orang yang berhak memanfaatkan wakaf adalah orang yang telah disetujui untuk menerima wakaf dan biasanya ditandai dengan surat perjanjian atau pernyataan.

  • Hikmah Memberikan Wakaf

Wakaf akan menciptakan hubungan yang baik antara orang yang memberikan wakaf dan menerima wakaf. Pada dasarnya manfaat wakaf akan bisa dirasakan oleh kedua belah pihak baik saat masih hidup maupun sudah meninggal. Dalam hal ini wakaf memberikan hikmah yang sangat besar.

Berikut ini adalah beberapa hikmah wakaf yang dilihat secara luas :

1. Wakaf akan membentuk pemeliharaan harta benda yang sangat panjang sehingga pemilik harta juga tidak akan merasa khawatir sedangkan orang yang menerima akan memiliki kewajiban untuk memelihara.

2. Pahala yang akan diterima oleh orang yang telah mewakafkan sebagian harta tidak akan pernah terputus, walaupun orang itu sudah meninggal. Ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan kehidupan akherat yang lebih baik dan mengurangi dosa-dosa.

3. Wakaf mendorong pembangunan dalam berbagai bidang misalnya bidang keagamaan, bidang pendidikan, bidang kesehatan dan bidang-bidang lain. Hikmah ini akan dirasakan oleh orang yang memberikan wakaf maupun orang yang menerima wakaf.

4. Wakaf adalah salah satu cara untuk menikmati harta benda yang diberikan oleh Tuhan dan digunakan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat secara luas. Maka dari itu manfaat wakaf bagi orang yang memberikannya, juga akan menerima amalan yang tidak pernah terputus. Hal ini menjadi jalan untuk membelanjakan harta benda dengan tujuan untuk mendapatkan pahala di akherat.

Sumber : https://manfaat.co.id/manfaat-wakaf

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.