10 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

0 46
manfaat-buah-bit-doktersehat_535069978

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mengonsumsi jus buah bit? Buah bit kini mulai banyak dilihat manfaatnya untuk kesehatan. Berbagai olahan buah bit, mulai dari akar, daun dan dagingnya disebut memiliki keunggulan tersendiri. Tidak heran jika buah bit kini banyak dikonsumsi, baik secara langsung, diekstrak atau dibuat menjadi jus.

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Pakar kesehatan bernama Maryann Tomovich, dari WebMD, menyebutkan bahwa meskipun kalah pamor dengan buah lainnya buah bit layak disebut sebagai buah super lho, ini dia alasanya:

1. Buah bit kaya kandungan gizi

Satu buah bit ukuran sedang memiliki kandungan asam folat, potasium, vitamin C dan serat yang tinggi. Selain itu buah bit memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh.

2. Mengandung banyak fitokimia

Kandungan fitokimia utama yang ada pada buah bit adalah nitrat. Kandungan ini akan memberikan manfaat yang baik untuk mendukung sistem peredaran darah tubuh.

3. Bermanfaat untuk kesehatan tubuh

Dari kedua kandungan buah bit di atas maka berbagai penelitian mendukung manfaat konsumsi buah bit untuk melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan vitamin dan antioksidannya baik untuk melawan penyakit akibat radikal bebas seperti kanker.

4. Menyehatkan pencernaan

Pada Abad Pertengahan, bit digunakan sebagai obat untuk gangguan pencernaan seperti sembelit. Serat dan antioksidan yang ada dalam bit membantu mengeluarkan tubuh dari zat beracun, menjaga kesehatan pencernaan pada tingkat optimal.

5. Menyehatkan otak

Khasiat buah bit meningkatkan neuroplastisitas otak karena nitrat yang ada di dalamnya. Nitrat ini membantu meningkatkan oksigenasi korteks somatomotor, area otak yang sering terkena pada tahap awal demensia. Ketika orang semakin tua, aliran darah ke otak menurun yang mengarah ke penurunan kognisi, dan makan bit dapat mencegah hal ini.

6. Mencegah anemia

Manfaat buah bit dapat membantu mencegah anemia dan meningkatkan regenerasi sel darah merah, karena bit merah kaya akan zat besi. Selanjutnya, vitamin C dalam bit membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Betaine, hadir dalam bit, adalah senyawa bioaktif kuat yang membantu menurunkan kadar homocysteine dalam tubuh. Tingginya kadar homocysteine dapat menyebabkan masalah kardiovaskular seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Betalain lebih lanjut membantu menghambat peradangan kronis ketika datang ke penyakit jantung.

8. Mencegah stroke

Buah bit adalah tanaman yang mengandung banyak potasium, ini dapat membantu menurunkan risiko stroke dan masalah jantung lainnya. Kalium adalah vasodilator, yang berarti melemaskan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah ke seluruh tubuh. Karena itu, rutin mengonsumsi bit sangat dianjurkan untuk meningkatkan kesehatan jantung.

9. Meningkatkan kesehatan tulang

Mineral seperti boron, tembaga, dan magnesium dalam bit membantu tulang berkembang secara normal dan meningkatkan metabolisme tulang. Bit juga mengandung kalium, yang menghemat kalsium di dalam tubuh dan mengurangi kehilangan kalsium melalui urine.

10. Anti penuaan

Bit menganfung tinggi folat, yang membantu dalam fungsi dan perbaikan sel secara optimal. Kondisi ini dapat membantu mencegah penuaan dini. Antioksidan dan vitamin C yang melimpah, bit adalah cara alami untuk mencerahkan kulit Anda!

Sumber : https://doktersehat.com/jus-buah-bit-ini-manfaat-dan-kandungan-gizinya/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.