Menanam Cabai di Polybag - Selamat datang di agus priyadi dot com - Selamat datang di agus priyadi dot com

Menanam Cabai di Polybag

Oleh on 30 March 2012  Dilihat sebanyak : 14,824 Kali

Cabai ditanam di polybag, umur kurang lebih 50hari

agus priyadi dot com: Bertani adalah sebagian dari hobby saya, biasanya kalau jenuh  kerja dikantoran, saya sendiri mencoba untuk menanam tanaman, kali ini yang saya coba adalah tanaman Cabai. Saya mencoba menanam cabai di polybag, karena saya pribadi belum punya lahan, jadi ya memanfaatkan lahan kosong depan rumah [memaksimalkan area yang ada] :) ].

Berikut beberapa informasi yang mungkin saja dari para netter/pembaca ingin mencoba menanam tanaman cabai seperti saya :)

Cabai yang saya tanam ini jenis cabai tambah turunan ke 2 (F2). benih cabai ini saya beli dari PT. Natural Nusantara (NASA) penyedia pupuk organik yang sudah terbukti memiliki kualitas yang bagus.

mungkin para pembaca bertanya, Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk menanam cabai dalam polybag?

  1. Benih Cabai
    Benih yang saya pakai sudah saya informasikan diatas, yaitu menggunakan produk dari PT. NASA yang kualitas benih ini bisa dibanggakan, dan harga bibit juga lumayan murah cuma Rp. 25.000,- per sachet, 1 sachet berisikan 1500-1700 benih bibit kualitas bagus.
  2. Tanah
    Tanah yang saya pakai adalah tanah berpasir dan tanah biasa
  3. Kompos/pupuk
    Kompos/pupuk yang saya gunakan yaitu pupuk organik baik yang dari pupuk kandang (dikemas dalam sak berbentuk butiran kecil-kecil/granule, harga nya Rp. 20.000,-/sak)
    Selain pupuk organik dari kotoran hewan/pupuk kandang, saya juga menggunakan produk unggulan dari PT. NASA, hasilnya Alhamd, bisa dilihat di posting saya sebelumnya tentang tanaman cabai yang saya coba di lahan yang ukurannya kecil (20x20mtr)
    Produk yang saya pakai adalah : POC NASA, Hormonik, Greenstar. Ketiga produk ini sangat cocok buat proses pembesaran tanaman, penggemukan daun dan proses pembuahan, lihat saja di posting saya sebelumnya umur 45 hari lebih dikit sudah lumayan besar-besar cabenya :D hehehe :D
  4. Polybag
    Polybag yang saya pakai tingginya 40cm
  5. Produk dari PT. Nasa (Pupuk organik) yang saya pakai [beberapa item tidak saya foto karena sudah habis barangnya hehehe]

Pupuk yang saya pakai

Daun berwarna hijau tua dan segar, menandakan asupan mikro sudah terpenuhi

Pupuk kandang yang sudah di proses menjadi butiran/granule harga Rp. 20.000,-/sak

Saya lebih menyarankan memakai pupuk kandang yang sudah didalam sak, karena pupuk ini sudah matang, perbedaannya dengan pupuk kandang yang masih baru ambil dari kandang, terkadang masih mentah/masih panas jika digunakan untuk bertanam, jika tanaman kuat maka akan bagus, tapi jika tanaman gak kuat maka tanaman akan layu karena panasnya pupuk kandang tersebut, saya pribadipun juga pernah mencobanya dah akhirnya mati juga tuch tanaman

LANGKAH KEGIATAN CARA MENANAM CABAI STANDART :

  1. Menyiapkan Bibit dengan cara :
    Pilih buah cabe yang sehat, lebih besar dari yang lainnya dan matang sempurna.
    Buang bagian pangkal dan ujungnya.
    Sayat bagian buah yang tersisa, kemudian ambil bijinya.
    Jemur ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung selama tiga hari.
    atau Anda bisa membeli beniht Cabai (Kriting/tampar dan Rawit/caplak) yang berkualitas dan sudah teruji di saya dengan harga Rp. 25.000,- berisi 1500-1700 benih.
  2. Menyemai benih, dengan cara :
    Rendam benih dengan air hangat selama kurang lebih 30 menit.Rendam sehari semalam dalam larutan perangsang akar (POC NASA).Benih mengapung setelah direndam harus dibuang, karena pertumbuhannya tidak akan maksimal. Benih yang tenggelam bungkus dengan kain basah dan biarkan sehari semalam lagi.Siapkan media semai bersamaan dengan perendaman benih, berupa tanah gembur yang dicampur pupuk kandang, perbandingan 1 : 1. Masukan media semai ke dalam plastik es ber diameter 3-5 cm, tinggi 6 cm dan beri lubang secukupnya, siram larutan perangsang akar.
    Semaikan benih satu per satu, tutup dengan media, tipis saja, supaya benih tidak terlihat.Jaga kelembaban dan waspada terhadap pencurian benih yang dilakukan semut.Bibit dipindah tanamkan apabila sudah memiliki empat helai daun sempurna.
  3. Penanaman
    Penyiapan Media Tanam, merupakan tempat berkembangnya akar dalam menunjang pertumbuhan tanaman yakni menyerap makanan yang berupa unsur hara melalui akarnya. Media tanam harus sudah siap paling lambat dua minggu sebelum tanam, terdiri dari tanah gembur atau top soil, kompos, dan pupuk kandang dengan perbandingan volume sama banyak yang diaduk sampai tercampur rata, kemudian masukan ke pot/polybag yang memiliki diameter minimal 30 cm.Fungsi bahan media tanam :
    Tanah untuk mengikat unsur hara yang diserap oleh akar dengan prinsip pertukaran kation.
    Pupuk Kandang untuk menjamin tersedianya bahan penting untuk pertumbuhan tanamanSeminggu sebelum tanam, media tanam disiram dengan cairan perangsang tumbuh.Bibit ditanam, minimal empat daun sempurna, sehat dan pertumbuhannya bagus.Cara penanamannya :
    Buat lubang di tengah media, kira-kira lebih besar sedikit dari ukuran media bibit.Buka plastik bibit dengan cara dorong dari bawah dan jari menggenggam bagian atas. hati-hati jangan sampai merusak media dan mengakibatkan akar terputus.Masukan bibit ke lubang yang telah dibuat.
    Tutup media bibit dengan media bekas pembuatan lubang, lalu ratakan.
    Siram media tanam dengan air biasa secara merata.Apabila cuaca panas, agar diberi pelindung dari pelepah pisang yang ditekuk menjadi dua bagian, disungkupkan menutupi bibit menyerupai bentuk segitiga sama kaki.
  4. Perawatan Tanaman
    Penyiraman dilakukan secara rutin, setiap pagi dan sore hari, kecuali cuaca hujan
    Mulai umur 7 hari sampai keluar bunga tanaman dikocor pupuk perangsang tumbuh, cukup diberi satu gelas dan diulang seminggu sekali.
    Lakukan Perempelan daun-daun tua, bunga pertama dan seluruh tunas yang keluar dari ketiak daun di bawah percabangan pertama.
    Pencabutan tanaman liar di media tanam sekaligus dengan mengemburkan medianya.
    Serangan hama atau penyakit, lakukan dengan menyemprotkan pestisida.

Dibanding dengan bedengan tanah, penyemaian dengan polybag ini lebih menguntungkan, mengurangi resiko kematian bibit muda yang akan dipindahkan ke Polybag besar. Pengunaan polybag untuk pesemaian dipilih yang ukuran lebih kecil ukuran 10 cm, lebar 4-6 cm dan tebal 0.5 mm atau kita pilih ukuran besar seperti untuk pemindahan akhir. Polybag yang kita dipasaran biasanya sudh ada lubang aerasi , lubang pengairan. Bila masih kurang banyak di tambah lubang disekliling polybag.

Polybag yang akan dijadikan tempat pesemaian kita siapkan, masukkan tanah subur, kompos yang banyak mengandung humus. Lebih bagus lagi tanah kompos / humus kita ayak untuk menghilangkan kotoran atau terlalu besar butiran tanah. Kedalam media itu juga ditambahkan 150 gr TSP atau NPK 80 gr NPK serta 75 gram Pestisida ( bisa menggunakan Furadan,PetPetrofur, Indofuran, Curater, dll)

Untuk langkah selanjutnya biarkan polybag 2 -3 hari, untuk meratakan tanah di polybag atau dengan digyang goyang / di angkat angkat agar kerapatan media tanam terjadi.Biasanya media tanam akan menyusut beberapa cm setelah disiram. Basahi Polybag dengan menyiram air kemedia tanam 1 – 2 gayung, dengan slang sampai air hamper jenuh.

Benih Cabai dapat disemaikan dalam polybag , untuk polybag besar disa diberi lobang dengan tongkat kecil sedalm 0.5 cm, masukkan biji cabai ataur jaraknya sekitar 3-5 cm . Jumlah benih antara 10 – 15 . lubang tanaman, khusus pakai polybag ukuran lebih kecil, 4 – 6 benih per polybag..
Produk NASA yang digunakan:

POC NASA 500 cc, sebagai pupuk daun

HORMONIK 100 cc, Hormon Organik sebagai campuran POC NASA

SUPERNASA 250 gr, pupuk akar, penggembur & penyubur tanah.

POWER NUTRITION, pupuk khusus buah

NATURAL GLIO, sebagai pembasmi penyakit tanaman.

Cara Pakai:

Untuk melindungi tanaman agar tidak terserang penyakit yang berasal dari pupuk kandang, gunakan Natural GLIO. Campurkan 2 zak pupuk kandang (100 Kg) (100 Kg) + 1 botol SUPERNASA 250 gr + 1 kotak Natural GLIO 100 gr. Aduk merata, kemudian perciki dengan sedikit air. Masukkan karung kembali dan peram selama 1 bulan. Gunakan untuk mengisi tanah polybag. Ketika bibit akan dipindah ke lahan, berikan per lubang tanam 2 sendok makan.

Saat pembibitan, semprotkan per tangki + POC NASA 2 tutup

Sehari sebelum tanam, kocorkan ke bedengan Supernasa 1 sendok makan + air 10 liter gembor.

Rutin tiap 10 hari, semprotkan per tangki + POC NASA 3 tutup + HORMONIK 1 tutup.

Menjelang berbunga, segera kocorkan POWER NUTRITION 1 sendok makan + 1 sendok makan SUPERNASA + 1 sendok makan NPK / urea + air 10 liter. Per tanaman diberi 1 cangkir aqua (100 cc). Ulangi pemupukan 10 hari sekali.

Manfaat POC NASA + Hormonik:

1 liter POC NASA setara dengan 1 ton pupuk kandang, mudah diserap tanaman karena sudah berupa ion, menggemburkan tanah yang keras, meningkatkan kualitas & kuantitas hasil panen, mengandung zat pengatur tumbuh (Hormon) untuk mempercepat pertumbuhan akar, batang, daun, bunga, dan buah, meningkatkan daya tahan terhadap penyakit.

Manfaat Supernasa:

Menggemburkan dan menyuburkan kembali tanah yang keras & rusak akibat pemakaian pupuk kimia, membantu melarutkan residu pupuk kimia agar mudah diserap tanaman, mempercepat pertumbuhan tanaman, mengurangi kerontokan bunga & buah.

Manfaat Natural Glio

Agens Hayati yang berfungsi membasmi penyakit tanaman yang berasal dari pupuk kandang antara lain: lumpuh layu (layu fusarium), agar gada kobis, jamur akar putih, dll.

Manfaat Power Nutrition

Mampu meningkatkan pembuahan di luar musim, mengurangi kerontokan bunga & buah, meningkatkan mutu daging buah, menggemburkan & menyuburkan tanah, membantu melarutkan sisa pupuk kimia agar mudah diserap tanaman.

 

Jika anda butuh konsultasi/tanya jawab atau sekedar bertanya-tanya ataupun ingin kasih Comment juga saya persilahkan :D , anda bisa menghubungi saya di :

email : langkahbisnis@gmail.com

YM : langkahbisnis@yahoo.com

HP : 0856 45 86 84 86 / 085 232 03 76 76 / 087 857 769 369

 

Informasi Produk :

About Agus Priyadi

26 Comments

  1. ripto

    7 November 2012 at 17:08

    mas agus,saya mau belajar menanam tanaman sayur di polybag, apa produk nasa homonik dll, bisa diaplikasikan ke tanaman lainnya.. trus dimana saya bisa mendapatkan semua produk yg anda pakai..? sayaada di jakarta

    • Priyadi Agus

      9 November 2012 at 09:44

      bisa mas.. semua tanaman bisa… :) ehmm kalau di jakarta saya kurang tau… sms aja ke nomorku mas .. 0856 45 86 84 86 , hari minggu ini saya ke jakarta timur mas.. di area pulo gadung :)

  2. heri

    25 March 2013 at 19:08

    klo bahan dasar tanah dari pasir bisa tidak pk?

    • Agus Priyadi

      28 March 2013 at 08:25

      bisa pak heri, tapi ya ditambah dengan tanah dan kompos, jangan pasir saja, soalnya kandungan pasir sedikit sekali unsur hara baik mikro maupun makro, tapi jika mau bisa menggunakan produk dari NASA + pasir, slama ini di sleman (tempat penelitian produk NASA menggunakan pasir pak, bukan tanah, dan hasilnya luar biasa, didapatkan hasil sayuran organik dengan menggunakan media pasir bukan tanah)

  3. uly otot

    6 April 2013 at 17:13

    pak agus,saya mau belajar menanam tanaman cabe di polybag,dimana sya bisa dapet bibitnya yang anda pakai.saya dibandung

    • Agus Priyadi

      9 April 2013 at 10:07

      bapak/ibu uly bisa beli di toko pertanian juga ada pak.. sama juga dengan cabe kriting di toko pertanian.. kalau beli gak usah yang mahal mahal (buat uji coba) jika sudah mahir dan mengerti caranya baru beli yang bagus sekalian untuk penanaman masal di polybag, semoga barokah dan bermanfaat pak/bu uly.. amin :D

  4. hengky

    9 April 2013 at 07:13

    Pagi Pak Agus…

    saya sedang persiapan untuk menanm lombok di media polybag, kira2 dengan produk nasa bisa membantu saya untuk pelombok saya ya

    • Agus Priyadi

      9 April 2013 at 10:06

      produk nasa + pupuk kandang pak hengky :D itu sudah cukup :D dan gak perlu pakai pembasmi hama kayaknya .. karna hama masih sedikit/gak ada jika kita tanam dipekarangan/samping rumah :D

  5. Riki Rukmana

    9 April 2013 at 09:13

    boleh nih di coba, buat manfaatin lahan sempit sekitar rumah…

  6. Agus Priyadi

    19 April 2013 at 15:29

    test komentar

  7. M. Tagar

    15 May 2013 at 14:59

    Mas Agus, jika saya gunakan tanah clay (tanah kuning brpasir ) untuk cabai kriting didalam polybag apa bagus ga?

    • Agus Priyadi

      20 May 2013 at 15:23

      kok baru dengar saya pak :D hheheh :) sebelumnya ada tidak yang menanam menggunakan tanah itu pak ? yang penting asupan unsur mikro dan makronya pak, jika sesuai dengan kebutuhan tanaman sih ok ok aja pak :D

  8. didi

    31 May 2013 at 22:26

    pak boleh tidak natural glio dipakai bersama furadan?makasih…

    • Agus Priyadi

      1 June 2013 at 09:28

      jangan pak didi, Glio itu ada kandungan jamur mikroba, kalau furadan kan zat kimia, yang jelas glio nya akan mati pak kena furadan, usahakan berselang pak, furadan dulu minimal 1 bulan agar zat kimia furadan larut ditanah baru dilanjut glio pak :D

  9. nurhadi

    28 July 2013 at 23:16

    numpang konsultasi pak?
    untuk 100 polybag kira2 sya butuh lahan berapa luas pak?

    • Agus Priyadi

      28 July 2013 at 23:44

      tinggal polybag yang dipakai ukuran berapa pak ? kalau kecil kecil ya cukup cuma 3×4 pak :) lahan sempit disamping/depan rumah bisa dipakai pak :D

  10. diana

    3 September 2013 at 20:13

    aku bingung loh pak agus..nasa apa pesawat ruang angkasa yah

    • Agus Priyadi

      9 September 2013 at 15:50

      heheheh NASA (NAtural NusAntara) hheheh :D bukan keluar angkasa lho mbk :D

  11. asmen

    3 September 2013 at 20:43

    tertarik juga nih Pak agus, saya juga berniat bercocok tanam cabe, tapi didaerah saya jenis tanahnya adalah tanah gambut dan bagaimana mendapatkan produk NASA karena lokasi saya di daerah Riau, terima kasih

  12. machmoed

    10 April 2014 at 17:39

    saya mau, belajar bisnis menanam cabe di polibeg..bisa kasih contoh cara menghitung investasinya…..

    • Agus Priyadi

      26 June 2014 at 10:22

      Yth bapak Machmoed

      saya pribadi belum membuat estimasi penanaman cabe dalam polybag di buat dengan sistem komsersial pak, sementara hanya hobby , heheheh :)

  13. machmoed

    10 April 2014 at 17:45

    Oh…saya mau menggunakan lahan kosong milik tetangga yang boleh dipakai…seluas 200 meter…kira2 saya harus bikin berapa polibeg…mohon sarannya mas agus

    • Agus Priyadi

      8 September 2014 at 21:14

      Tergantung ukuran polibagnya juga sih pak, biasanya jarak / spacenya 1meter persegi pak , idealnya segitu, dan jangan lupa sisakan tempat untuk lalu lalang (jalan) proses penyiraman dan pengecekan tanaman pak :) salam sukses selalu pak :D

  14. donald

    10 May 2014 at 23:27

    salam kenal mas agus,,,sy trtarik untuk budidaya cabe,kira2 gmana caranya utk mndapatkan bibit dan gimana caranya mnjadi agent tanaman sayur dan buah didaerah.terimah ksih atas jwbnya

    • Agus Priyadi

      26 June 2014 at 10:21

      Dear pak Donald

      ehmm saya rasa, untuk bibit cabe kita bisa semai sendiri pak :)

      Agen yang dimaksud yang seperti apa pak? bapak bisa menciptakan jadi agen sendiri pak ditempat bapak :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose